Pengaruh Experiental Marketing Terhadap Loyalitas Merek (Studi Empirik Pada Pengguna Telepon Seluler Merek Nokia di Surakarta)

Nurohman , Yulfan A. (2011) Pengaruh Experiental Marketing Terhadap Loyalitas Merek (Studi Empirik Pada Pengguna Telepon Seluler Merek Nokia di Surakarta). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (61kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (749kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)

Abstract

Handphone merupakan alat komunikasi yang tidak bisa lepas dari kehidupan manusia. Persaingan diantara merek handphone semakin ketat diantaranya merek Nokia. Untuk memenangkan persaingan dapat dilakukan dengan membentuk loyalitas merek dan loyalitas merek dapat dibangun dengan experiential marketing. Tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana pengaruh experiential marketing terhadap loyalitas merek handphone merek Nokia. Penelitian ini menunjukkan adanya 6 (enam) hipotesis, antara lain adalah sense berpengaruh positif terhadap experiential marketing, feel berpengaruh positif terhadap experiential marketing, think berpengaruh positif terhadap experiential marketing, act berpengaruh positif terhadap experiential marketing, relate berpengaruh positif terhadap experiential marketing, experiential marketing berpengaruh positif terhadap brand loyalty. Penelitian ini dilakukan di wilayah Kota Surakarta dengan 155 responden, pemilihan merek nokia sebagai obyek yang diteliti karena merupakan merek paling popular dan sebagai pemenang Solo Best Brand Index selama 3 (tiga) tahun terakhir. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan cara metode convenience sampling. Teknik pengambilan sampel ini digunakan karena tidak ketahui populasi pengguna handphone merek nokia atau merek lain. Untuk menginterpretasikan dan menganalisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis Structural Equation Model (SEM) dari software AMOS 16. Hasil analisis data tersebut akan menjelaskan hubungan kausalitas antara variabel yang sedang dikembangkan dalam model penelitian ini. Model pengukuran eksogen dan endogen telah diuji dengan menggunakan analisis konfirmatori. Hasil analisis menggunakan Structural Equation Model (SEM) untuk model pengujian hubungan kausalitas antar variabel yang mempengaruhi dan dipengaruhi oleh sense, feel, think, act, relate, experiential marketing dan brand loyalty telah memenuhi kriteria Goodness of Fit yaitu yaitu chi square =168,093; probability = 0,136; AGFI = 0,833; CFI = 0,967; TLI = 0,958; RMSEA = 0,029; CMIN/DF = 1,128. Berdasarkan hasil analisis data diketahui experiential marketing dapat berpengaruh signifikan terhadap peningkatan loyalitas merek.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Sense, Feel, Think, Act, Relate, Experiential Marketing dan Brand Loyalty
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 21 Dec 2011 10:00
Last Modified: 21 Dec 2011 10:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16225

Actions (login required)

View Item View Item