Peranan Manajemen Bazis Terhadap Pendidikan Sadar Zakat, Infaq dan Shadaqah ( Studi Kasus BAZIS Desa Ngesrep Kecamatan Ngemplak, Boyolali)

SUHARDI, SUHARDI (2011) Peranan Manajemen Bazis Terhadap Pendidikan Sadar Zakat, Infaq dan Shadaqah ( Studi Kasus BAZIS Desa Ngesrep Kecamatan Ngemplak, Boyolali). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (348kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)

Abstract

Studi kasus dalam Tesis ini ingin meneliti dan mengkaji bagaimana eksistensi dan implementasi manajemen pada BAZIS desa Ngesrep kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali, sehingga pernah dijadikan sebagai BAZIS percontohan oleh Departemen Agama Kabupaten Boyolali. Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui sejauhmana peranan manajemen BAZIS terhadap pendidikan sadar zakat, infaq dan shadaqoh, dan implementasi pengelolaan dan pemberdayaan dana ZIS. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan positivistik dan fenomenoligik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara sebagai metode utama, observasi, dokumentasi, dan daftar isian sebagai pelengkap, kemudian data yang digunakan adalah analisis kualitatif model interaktif yaitu dengan menggunakan tiga langkah kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian berdasarkan data yang diperoleh dilapangan adalah bahwa, BAZIS desa Ngesrep merupakan sebuah organisasi otonom non-struktural sebagai pengelola dana ZIS, menerapkan manajemen yang sederhana dan mecoba seoptimal mungkin dalam mengelola ZIS sesuai dengan ketentuan syari’ah. BAZIS Desa Ngesrep mempunyai tata kerja dan mekanisme tersendiri. Dengan adanya UU No. 38 tahun 1999 tentang pengelolaan zakat, infaq dan shodaqoh telah mempengaruhi susunan kepengurusan dan acuan kerja organisasi BAZIS. Seluruh kegiatan dan tanggungjawab pengurus dan masing-masing bagian dalam organisai BAZIS ini secara tertulis tidak ada , meskipun menggunakan acuan dan sistem kerja pada UU No. 38 tahun 1999. BAZIS desa Ngesrep ini tidak berbadan hukum dan tidak mempunyai Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART), sehingga tidak terikat oleh apapun dengan lembaga BAZIS pemerintah.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Manajemen dan Pendidikan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pemikiran Islam
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 Dec 2011 07:01
Last Modified: 21 Dec 2011 07:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16217

Actions (login required)

View Item View Item