Metode pembelajaran bahasa arab kelas v di sekolah dasar islam terpadu ar-risalah surakarta tahun pelajaran 2006/2007

Mustakim, Heru (2007) Metode pembelajaran bahasa arab kelas v di sekolah dasar islam terpadu ar-risalah surakarta tahun pelajaran 2006/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (164kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (62kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Setiap orang pasti menginginkan anak-anaknya menjadi anak yang cerdas dan senantiasa menjaga akhlak karimah . Belakangan ini banyak orang tua mulai menaruh perhatian terhadap pendidikan anak-anaknya. Wujud perhatian orangtua terhadap anaknya adalah dengan mencarikan sekolah yang bermuatan agama yang mencukupi sehingga mampu membendung arus globalisasi yang menyerang kebudayaan dan polapikir anak-anak. SDIT Ar-Risalah Surakarta merupakan salah satu solusi untuk menjawab permasalah di atas. SDIT Ar-Risalah Surakarta menggunakan kurikulum perpaduan antara Diknas dengan Depag dalam proses belajar mengajar, akan tetapi kurikulum agama SDIT Ar-Risalah Surakarta membuat sendiri, sedangkan kurikulum Depag sebagai acuan. Hal ini diharapkan lulusan SDIT Ar-Risalah Surakarta mampu bersaing dengan lulusan sekolah dasar lain dengan kelebihan di bidang agama dan kepribadian, serta mampu manghadapi perkembangan zaman. Sebagai sekolah dasar terpadu SDIT Ar-Risalah Surakarta mempunyai perhatian terhadap pelajaran agama Islam. Salah satunya adalah bahasa Arab. Karena bahasa Arab adalah bahasa kaum muslimin dan bahasa ahlul jannah. Pada garis besarnya skripsi ini membahas tiga hal, yaitu: metode yang dipakai dalam mengajar bahasa Arab di SDIT Ar-Risalah, permasalahan yang dihadapi para pengajar dalam mengajar pelajaran bahasa Arab, dan solusinya. Tujuan dari penulisan ini adalah Untuk mengetahui metode yang dipakai dalam proses belajar megajar bahasa Arab di SDIT Ar-Risalah Surakarta. Serta Untuk mengetahui permasalahan yang ada di SDIT Ar-Risalah Surakarta dan solusi yang ditempuh pihak sekolah uutk mengatasi permasalah yang tersebut. Adapun manfaat dari penulisan ini adalah sumbangan pemikiran untuk meningkatkan kualitas kemampuan guru dalam mengelola proses belajar mengajar, sehingga pengaruhnya terhadap siswa dalam belajar lebih nampak hasilnya. Sedangkan. Sedangakan, bagi peneliti lain yang melakukan penelitian dengan permasalahan selanjutnya. Metode yang digunakan adalah metode penelitian lapangan yang obyeknya adalah kepala sekolah, guru bahasa Arab, 33 murid. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode pentahapan secara berurutan dan interaksionis dengan cara berfikir deduktifdan induktif. Kesimpulan dari penelitian ini didapatkan bahwa metode yang digunakan dalam proses belajar mengajar bahasa Arab di SDIT Ar-Risalah Surakarta adalah ceramah, membaca (qiroah), dikte(imla’), berbicara(muhadatsah) dan kombinasi. metode yang sering dipakai dalam mengajar adalah metode kombinasi. Permasalah yang ada di SDIT Ar-Risalah Surakarta adalah Tidak adannya media dan sarana mengajar, masuknya bahasa Jawa dan Indonesia dalam pelajaran bahasa, belum tersedianya buku pegangan siswa. Dari permasalahan tertsebut SDIT Ar-Risalah sudah berusaha dengan sebaik-baiknya, sehingga dari permasalahan tersebut dapat teratasi, walaupun belum sepenuhnya teratasi dengan maksimal.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran bahasa arab kelas v di sekolah dasar islam terpadu ar-risalah surakarta tahun pelajaran 2006/2007
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 20 Dec 2011 10:55
Last Modified: 20 Mar 2012 06:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16198

Actions (login required)

View Item View Item