Ruqyah syar’iyyah dan pendidikan tauhid study tentang pelatihan dan praktek ruqyah syar’iyyah di pusqba tsaqifa surakarta

Mulyanto, Mulyanto (2007) Ruqyah syar’iyyah dan pendidikan tauhid study tentang pelatihan dan praktek ruqyah syar’iyyah di pusqba tsaqifa surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (584kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (149kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (78kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)

Abstract

Maraknya ruqyah merupakan fenomena. Sebuah istilah yang masih terasa asing di telinga kaum muslimin. Fenomena yang menarik ini berbarengan dengan semakin maraknya berbagai praktek kemusyrikan, terutama dalam hal pengobatan yang dilakukan oleh dukun dan paranormal. Di sisi lain pemahaman umat Islam akan ruqyah sangatlah sedikit, dapat di bilang mendengar namanya saja bisa dikatakan baru-baru ini. Di sisi lain Allah memerintahan kepada hamba-hamba-Nya untuk senantiasa beribadah kepada-Nya dan menjauhi berbagai macam kemusyrikan. Untuk mengingatkan manusia akan tugas dan kewajibannya tersebut Allah menurunkan risalah-Nya dan mengutus para Nabi termasuk Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wa Salam. Para Rasul datang dengan membawa tuntunan dari Allah, termasuk di dalamnya apa yang telah di bawah oleh Rasulullah dalam hal mengatasi berbagai macam penyakit terutama penyakit yang di akibatkan oleh gangguan jin ataupun sihir. Dari sinilah perlunya masyarakat memahami akan pentingnya ruqyah syar'iyyah sebagaimana dicontohkan oleh Rasulullah agar tidak terjebak dengan berbagai pengobatan yang nampak islami tetapi hakekatnya kemusyrikan. Mereka berpakaian layaknya seorang kyai, ustadz akan tetapi pengobatan yang mereka lakukan tak jauh berbeda dengan dukun dan paranormal tersebut. Dari sini keberadaan Pelatihan dan Praktek Ruqyah syar'iyyah PUSQBA TSAQIFA Surakarta sangatlah tepat guna memberikan solusi terhadap berbagai permasalah tersebut. Dari beberapa keyataan di atas, dirumuskan permasalahan diantaranya: apa kaitan antara ruqyah syar'iyyah dengan pendidikan tauhid, seberapa perlu ruqyah diperlukan masyarakat hari ini dan bagaimana sebenarnya praktek ruqyah syar'iyyah yang benar sebagaimana dicontohkah Rasulullah. Tujuan penelitian adalah mengetahui kaitan ruqyah syar'iyah dengan tauhid, manfaatnya bagi masyarakat dan praktek yang benar. Sedangkan manfaat penelitian itu sendiri sebagai bahan masukan dalam membentengi umat agar tidak terjebak berbagai praktek perdukunan dan pengobatan kemusyrikan. Metode penelitian menggunakan penelitian lapangan dan menggunakan purposive sampling (pengambilan sampel berdasakan tujuan). Sampel penelitian ini diantaranya adalah ustadz, peserta pelatihan maupun pasien. Metode dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode pengelompokkan dan reduksi data. Setelah itu dilakukan analisis penguraian dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dan analisis data serta kesimpulan didapatkan bahwa kaitan antara ruqyah syar'iyyah dan pendidikan tauhid di PUSQBA TSAQIFA Surakarta sangat besar. Pengobatan dengan ruqyah sangat dibutuhkan agar umat Islam terhindar dari berbagai pengobatan kemusyrikan. Karena itu pelatihan dan praktek ruqyah syar'iyyah yang dilakukan di PUSQBA TSAQIFA Surakarta telah sesuai dengan apa yang dicontohkan oleh Rasulullah, baik ayat yang di baca maupun wasilah (sarana) yang digunakan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ruqyah syar’iyyah, pendidikan tauhid, ruqyah syar’iyyah , pusqba tsaqifa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 20 Dec 2011 10:29
Last Modified: 20 Mar 2012 04:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16194

Actions (login required)

View Item View Item