Upaya Meningkatkan Pemahaman Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Cacah Melalui Permainan Kartu Bridge pada Siswa Kelas II Sekolah dasar Negeri Cemeng 3 Sambungmacan Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012

RIYONO, SUGENG (2011) Upaya Meningkatkan Pemahaman Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Cacah Melalui Permainan Kartu Bridge pada Siswa Kelas II Sekolah dasar Negeri Cemeng 3 Sambungmacan Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (92kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (69kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img]
Preview
PDF (BAB V)
BAB_V.pdf

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (64kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (654kB)

Abstract

Kualitas kemampuan matematika siswa kelas 2 SD Negeri Cemeng 3 Kecamatan Sambungmacan Kabupaten Sragen masih tergolong rendah. Salah satu upaya yang dapat ditempuh adalah dengan menggunakan per mainan kartu bridge. Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri Cemeng 3 masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah. Permainan kartu bridge sudah tidak asing bagi siswa Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri Cemeng 3. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) apakah hasil belajar siswa SD Negeri Cemeng 3 pada pokok bahasan penjumlahandan pengurangan bilangan cacah akan meningkat apabila menggunakan permainan kartu bridge, (2) apakah keaktifan siswa SDNegeri Cemeng 3 pada pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah akan meningkat apabila menggunakan permainan kartu bridge. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan,tindakan, observasi,dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: hasil belajar siswa yang diambil dari pemberian soal tes pada akhir siklus, kemampuan guru dalam pembelajaran yang diambil dari lembar observasi dan aktivitas siswa dalam pembelajaran yang diambil dari lembar observasi. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah: (1) apabila nilai rata-rata hasil belajar siswa ≥ 70, ketuntasan belajar secara klasikal ≥ 85 %,dengan ketuntasan individu sebesar 70 (2) apabila aktivitas siswa dalam pembelajaran meningkat yang diukur dengan melihat lembar observasi siswa. Hasil penelitian: (1) Ada peningkatan keterampilan siswa dalam menjawab pertanyaan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah yang meliputi aspek: (a)Siswa yang aktif menjawab pertanyaan guru pada awal siklus 57 % dan pada akhir sebesar 90 %, (b) Siswa yang berani mengerjakan soal dipapan tulis pada awal siklus sebesar 48 % dan pada akhir siklus sebesar 85 %, (c) Siswa yang aktif dalam pembelajaran pada awal siklus sebesar 69 % dan pada akhir siklus sebesar 80 %, (d) Siswa yang aktif mengerjakan tugas rumah pada awal siklus sebesar 53% dan pada akhir siklus sebesar 95 %, (e) Siswa yang aktif dalam penggunaan media kartu bridge pada awal siklus sebesar 57 % dan pada akhir siklus sebesar 95 %. Dari penelitian ini diperoleh simpulan bahwa dengan menggunakan permainan kartu bridge dapat meningkatkan hasil belajar matematika dan aktivitas siswa kelas II SD Negeri Cemeng 3 pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah. Saran yang dapat diajuk an adalah penggunaan permainan kartu bridge dapat dilaksanakan guru untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar siswa, media kartu bridge
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 5 not found.
Date Deposited: 20 Dec 2011 09:32
Last Modified: 20 Dec 2011 09:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16179

Actions (login required)

View Item View Item