Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Kenampakan Alam Melalui Penerapan Media Lingkungan Sekitar Pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sroyo Jaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/ 2012

MURTANTO, TRI (2011) Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Kenampakan Alam Melalui Penerapan Media Lingkungan Sekitar Pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sroyo Jaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/ 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
SAMPUL.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (357kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (310kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui keefektifan penggunaan media lingkungan sekitar dalam meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sroyo Jaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/ 2012. Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas, dengan jumlah 32 siswa (15 putra dan 17 putri) dan guru kelas V. Sumber data yang digunakan yaitu: sumber data pokok (primer) yaitu siswa, guru dan Kepala Sekolah. Sumber data sekunder meliputi arsip/dokumen hasil pengamatan, tes hasil belajar, dan foto.Teknik pengumpulan data dengan pengamatan (observasi), wawancara, dan dokumen. Tes diberikan pada awal penelitian untuk mengidentifikasi kekurangan atau kelemahan siswa dalam pembelajaran kenampakan alam. Selain itu tes ini dilakukan disetiap akhir siklus untuk mengetahui peningkatan mutu siswa. Dengan kata lain tes disusun dan dilakukan untuk mengetahui hasil belajar IPS pada materi kenampakan alam melalui penerapan media lingkungan sekitar. Adapun validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar IPS pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sroyo Jaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/ 2012 dari pra siklus sebesar 48%, siklus I sebesar 63%, dan siklus II sebesar 80%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: media lingkungan sekitar, hasil belajar IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 5 not found.
Date Deposited: 20 Dec 2011 06:08
Last Modified: 20 Dec 2011 06:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16173

Actions (login required)

View Item View Item