PENERAPAN METODE PENUGASAN DENGAN GROUP RESUME Untuk Meningkatkan Kemampuan Meresume Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas V SD Negeri 01 Giriwondo Kecamatan Jumapolo Tahun Pelajaran 2010/2011

SUPITRI, SUPITRI (2011) PENERAPAN METODE PENUGASAN DENGAN GROUP RESUME Untuk Meningkatkan Kemampuan Meresume Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas V SD Negeri 01 Giriwondo Kecamatan Jumapolo Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (63kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (42kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk (1) meningkatkan kemampuan meresume materi pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri 01 Giriwondo (2) menerapkan metode penugasan dengan group resume pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 01 Giriwondo. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif yang terdiri dari tiga komponen analisis yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Kemampuan meresume materi pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri 01 Giriwondo meningkat dengan menerapkan metode penugasan dengan group resume. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas hasil belajar siswa terjadi peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 59 dan pada siklus II naik menjadi 80,5. Untuk siswa yang tuntas belajar (nilai ketuntasan 65) pada siklus I 26,7% dan pada siklus II naik menjadi 100%. Dari hasil observasi terhadap siswa mengalami peningkatan yaitu pra tindakan sebesar 17, siklus I sebesar 40 dan siklus II sebesar 45. (2) Ada beberapa hambatan yang dihadapi guru dalam menerapkan metode penugasan dengan group resume yaitu dalam menerapkan metode penugasan dengan group resume memerlukan banyak waktu, siswa sulit berinteraksi dengan teman satu anggota sehingga guru harus selalu membimbing siswa dalam kegiatan diskusi kelompok tersebut.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penugasan, group resume, resume
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 5 not found.
Date Deposited: 20 Dec 2011 05:56
Last Modified: 20 Dec 2011 05:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16171

Actions (login required)

View Item View Item