Pengaruh Kemampuan Logika dan Komunikasi Guru Siswa Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Kelas XI SMA Negeri I Karangpandan Tahun Ajaran 2010/2011

YUSRATUN, SITI (2011) Pengaruh Kemampuan Logika dan Komunikasi Guru Siswa Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Kelas XI SMA Negeri I Karangpandan Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (335kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan logika dan komunikasi antara guru dengan siswa terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI pada SMA NEGERI 1 KARANGPANDAN tahun ajaran 2010/ 2011. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMA NEGERI 1 KARANGPANDAN yaitu sebanyak 235 siswa. Sampel diambil sebanyak 59 (dibulatkan menjadi 50 siswa) dengan teknik simple random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 26,273 + 0,994X1 + 0,225X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar ekonomi siswa dipengaruhi oleh kemampuan logika dan komunikasi antara guru dengan siswa. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) “Ada pengaruh yang signifikan kemampuan logika terhadap prestasi belajar Akuntansi kelas X1 SMA NEGERI 1 KARANGPANDAN Tahun 2010/ 2011” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 5,666 > 2,012 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan efektif sebesar 41,412%; 2) “Ada pengaruh yang signifikan komunikasi antara guru dengan siswa terhadap prestasi belajar Akuntansi kelas X1 SMA NEGERI 1 KARANGPANDAN Tahun 2010/ 2011” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,297 > 2,012 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,002 dengan sumbangan efektif sebesar 19,488%; 3) “Ada pengaruh yang signifikan kemampuan logika dan komunikasi antara guru dengan siswa terhadap prestasi belajar Akuntansi kelas X1 SMA NEGERI 1 KARANGPANDAN Tahun 2010/ 2011” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 36,531 > 3,195 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,609 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh kemampuan logika dan komunikasi antara guru dengan siswa terhadap prestasi belajar ekonomi siswa adalah sebesar 60,9%, sedangkan 39,1% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A210/2011 - 47
Uncontrolled Keywords: kemampuan logika, komunikasi antara guru dengan siswa, prestasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Dec 2011 09:04
Last Modified: 10 Jan 2012 08:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16158

Actions (login required)

View Item View Item