Pengaruh Partisipasi Siswa dalam Model Pembelajaran "PAKEM"dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Wuryantoro Tahun Ajaran 2010/2011

NURVITASARI, ADHITYA (2011) Pengaruh Partisipasi Siswa dalam Model Pembelajaran "PAKEM"dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Wuryantoro Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (119kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (90kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (29kB)
[img]
Preview
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (305kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) partisipasi siswa dalam model pembelajaran “PAKEM” terhadap pertasi belajar ekonomi. 2) motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi. 3) partisipasi siswa dalam model pembelajaran “PAKEM” terhadap prestasi belajar ekonomi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Negeri Wuryantoro. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Wuryantoro dengan julmah seluruhnya 189 siswa. Sampel diambil sebanyak 123 orang mahasiswa dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif.Kesimpulan penelitian ini : 1. Partisipasi siswa dalam model pembelajaran PAKEM berpengaruh positif secara signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi dengan sumbangan efektif sebesar 22,6%. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 5,982 > 1,980 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05 yaitu 0,000, 2. Motivasi belajar berpengaruh positif secara signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi dengan sumbangan efektif sebesar 27,1%. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 5,982 > 1,980 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05 yaitu 0,000, 3. Partisipasi siswa dalam model pembelajaran PAKEM dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh positif secara signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi mata pelajaran ekonomi dengan koefisien determinasi sebesar 49,7%. Berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 59,258 > 3,072 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05 yaitu 0,000.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi siswa dalam model pembelajaran PAKEM, motivasi belajar dan prestasi belajar ekonomi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 5 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2011 08:21
Last Modified: 19 Dec 2011 08:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16156

Actions (login required)

View Item View Item