Tayangan Televisi dan Pengetahuan Bahasa (Studi Kolerasi antara Intensitas Menonton Tayangan Televisi Dora The Explorer di Global TV dengan Tingkat kemampuan Bahasa Inggris di kalangan Siswa-Siswi Kelas V SDN II Sukomangu Purwantoro Wonogiri Tahun Ajaran 2010-2011)

PRANOTO, ARDI (2011) Tayangan Televisi dan Pengetahuan Bahasa (Studi Kolerasi antara Intensitas Menonton Tayangan Televisi Dora The Explorer di Global TV dengan Tingkat kemampuan Bahasa Inggris di kalangan Siswa-Siswi Kelas V SDN II Sukomangu Purwantoro Wonogiri Tahun Ajaran 2010-2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Hal_Depan.pdf

Download (102kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (Bab VI)
08._BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Global TV adalah salah satu stasiun televisi swasta di Indonesia yang menyuguhkan berbagai acara untuk menarik perhatian pemirsanya, diantaranya adalah program acara Dora The Explorer yang menjadi acara unggulan bagi stasiun televisi ini. Seseorang menonton acara televisi karena adanya kebutuhan akan informasi dan didorong oleh motif yang ada pada dirinya, seperti motif menambah pengetahuan dan mendapatkan informasi terbaru. Berdasarkan pemikiran tersebut, peneliti ingin melihat apakah ada hubungan antara aktivitas menonton acara Dora The Explorer di Global TV (X) terhadap tingkat kemampuan Bahasa Inggris (Y) di kalangan siswasiswi SDN II Sukomangu Purwantoro Wonogiri. Penelitian ini termasuk dalam penelitian explanatory dan metode yang digunakan adalah metode survey. Sebagai alat pengumpulan data digunakan kuesioner. Populasi penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V SDN II Sukomangu Purwantoro Wonogiri yang berjumlah 47 siswa. Sampel pada penelitian ini 47 siswa dengan teknik pengambilan sampel total sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus Kolerasi Tata Jenjang Spearman (rho) dengan taraf kepercayaan 95 % atau tingkat signifikansi 5%. Setelah melalui perhitungan atas jawaban-jawaban yang diberikan responden melalui kuesioner, hasil koefisien korelasi antara variabel X dan Y, diperoleh nilai koefisien korelasi (rho) sebesar 0,712 dengan signifikansi p<α (0,000<0,05) diterima signifikansi 5% berarti ada hubungan signifikan antara aktivitas menonton acara Dora The Explorer dengan tingkat kemampuan Bahasa Inggris dikalangan Siswa- Siswi Kelas V SDN II Sukomangu Purwantoro Wonogiri.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK L100/2011 - 14
Uncontrolled Keywords: Tayangan Televisi dan Pengetahuan Bahasa, Studi Korelasi, Intensitas Menonton Tayangan Televisi
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1990 Broadcasting
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Dec 2011 06:18
Last Modified: 18 Jan 2012 06:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16149

Actions (login required)

View Item View Item