Hubungan Motivasi Berprestasi, Cara Guru Mengajar, dan Dukungan Keluarga Dengan Kedisiplinan Belajar Siswa SMP

PRASETYA, ARIS DWI (2011) Hubungan Motivasi Berprestasi, Cara Guru Mengajar, dan Dukungan Keluarga Dengan Kedisiplinan Belajar Siswa SMP. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-ABSTRAK.pdf

Download (59kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)

Abstract

ada beberapa siswa yang terlambat masuk sekolah, tidak mengerjakan tugas, tidak mengikuti pelajaran, tidak masuk tanpa keterangan, dan mengerjakan PR di sekolah. Hal tersebut yang kemudian juga menjadi faktor penghambat siswa untuk memiliki motivasi berprestasi di sekolah, di samping juga cara guru mengajar guru dan dukungan keluarga di rumah juga berpengaruh terhadap faktor kedisiplinan belajar siswa. Tujuan penelitian: menganalisis hubungan antara motivasi berprestasi, cara guru mengajar dan dukungan keluarga dengan disiplin belajar siswa di SMP Negeri 27 Surakarta. Metode Penelitian: penelitian ini menggunakan desain penelitian penjelasan atau explanatory research. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 27 Surakarta. Jumlah sampel 205 siswa SMP berdasarkan tabel Krejcie, dengan menggunakan teknik sample random. Variabel bebas adalah motivasi berprestasi, cara guru mengajar, dan dukungan keluarga, sedangkan variabel terikatnya disiplin belajar. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan data sekunder yang ada di SMP. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian: menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang sangat signifikan antara motivasi berprestasi, cara guru mengajar, dan dukungan keluarga terhadap disiplin belajar, dengan nilai determinasi (R) sebesar 0, 869. Sumbangan efektif variabel motivasi berprestasi, cara guru mengajar, dan dukungan keluarga sebesar 75,6% yang ditunjukkan oleh koefisien determinan (R2) sebesar 0,756. Sumbangan paling besar terhadap kedisiplinan belajar adalah cara guru mengajar, sebesar 0,405 poin, sedangkan sumbangan paling kecil terhadap kedisiplinan belajar adalah motivasi berprestasi, sebesar 0,130 poin. Kesimpulan: ada hubungan positif antara motivasi berprestasi, cara guru mengajar dan dukungan keluarga dengan kedisiplinan belajar siswa di SMP Negeri 27 Surakarta secara sangat signifikan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: RAK S300/2011-004
Uncontrolled Keywords: Motivasi Berprestasi, Cara Guru Mengajar, Dukungan Keluarga, Disiplin Belajar.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Sains Psikologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Dec 2011 06:02
Last Modified: 20 Jan 2012 04:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16135

Actions (login required)

View Item View Item