Pengaruh Penggunaan Gelatin sebagai Bahan Pengikat Terhadap Sifat Fisik Tablet Ekstrak Etanolik TanamanCeplukan (Physalis angulata L.) dengan Metode Granulasi Basah

EKASARI, PUTRI SILVIYAH (2011) Pengaruh Penggunaan Gelatin sebagai Bahan Pengikat Terhadap Sifat Fisik Tablet Ekstrak Etanolik TanamanCeplukan (Physalis angulata L.) dengan Metode Granulasi Basah. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (313kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (146kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (63kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB)

Abstract

Tanaman ceplukan (Physalis angulata L.) merupakan tanaman berkhasiat sebagai obat antikanker. Penelitian terdahulu tentang tablet effervescent ekstraktanaman ceplukan dengan variasi konsentrasi gelatin sebagai bahan pengikat dan manitol sebagai bahan pengisi memenuhi persyaratan sifat fisik tablet kecuali kerapuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gelatin sebagai bahan pengikat terhadap sifat fisik tablet ekstrak tanaman ceplukan dan mengetahui formula tablet yang terbaik. Ekstrak tanaman ceplukan dibuat dengan metode maserasi menggunakan etanol 70%. Tablet ekstrak tanaman ceplukan dibuat dalam lima formula dengan konsentrasi bahan pengikat yang berbeda, pada formula I = 0%, formula II = 2%, formula III = 4%, formula IV = 6% dan formula V = 8% dengan metode granulasi basah. Ekstrak yang diperoleh diuji organoleptis, daya lekat, dan kekentalan. Tablet yang dihasilkan diuji sifat fisiknya meliputi keseragaman bobot, kekerasan, kerapuhan, dan waktu hancur tablet. Data dianalisis secara teoritis dan statistik, yaitu dengan uji statistik Kolmogorov – Smirnov, hasil signifikan maka dilakukan uji ANAVA satu jalan dilanjutkan dengan uji t-LSD dengan taraf kepercayaan 95%. Tablet ekstrak tanaman ceplukan dengan variasi konsentrasi gelatin memenuhi persyaratan sifat fisik tablet yang meliputi keseragaman bobot,kekerasan, kerapuhan, dan waktu hancur. Semakin tinggi konsentrasi gelatin yang ditambahkan kekerasan tablet semakin meningkat, kerapuhan tablet semakin menurun dan waktu hancur tablet semakin cepat. Sedangkan formula terbaik adalah formula II dengan konsentrasi gelatin 2% yaitu CV (Coefficient of Variation) keseragaman bobot 1,40% (persyaratan CV < 5%), kekerasan 4,40 kg (persyaratan kekerasan 4 – 8 kg), kerapuhan 0,12 % (persyaratan kerapuhan 0,5%)dan waktu hancur 6,053 menit (persyaratan waktu hancur tidak lebih dari 20 menit).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK K100/2011 - 44
Uncontrolled Keywords: Tablet, gelatin, ceplukan (Physalis angulata L.)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Users 5 not found.
Date Deposited: 16 Dec 2011 05:55
Last Modified: 18 Jan 2012 05:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16134

Actions (login required)

View Item View Item