Analisis Biaya dan Efektivitas Penggunaan Antihipertensi Dua Kombinasi pada Pasien Hipertensi Rawat Jalan di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta Tahun 2009-2010

NINGTYASARI, AVIANINGRUM INDAH (2011) Analisis Biaya dan Efektivitas Penggunaan Antihipertensi Dua Kombinasi pada Pasien Hipertensi Rawat Jalan di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta Tahun 2009-2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (375kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (234kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (52kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)

Abstract

Hipertensi dikenal secara luas sebagai penyakit kardiovaskular. Penyakit ini bertanggung jawab terhadap tingginya biaya pengobatan dikarenakan alasan tingginya angka kunjungan ke dokter, perawatan di rumah sakit dan atau penggunaan obat jangka panjang. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui besar biaya langsung (direct medical cost) pada terapi hipertensi menggunakan pola dua kombinasi dan untuk mengetahui antihipertensi yang paling efektif. Penelitian ini bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan secara retrospektif berdasarkan rekam medik. Sampel yang digunakan adalah pasien hipertensi rawat jalan di RS PKU Muhammadiyah Surakarta Tahun 2009-2010. Kriteria inklusi yaitu pasien hipertensi rawat jalan dengan usia lebih dari 18 tahun yang mendapatkan terapi kombinasi dua antihipertensi oral yang sama selama 2 bulan berturut-turut pada tahun 2009-2010, pasien dengan diagnosa utama hipertensi dengan atau tanpa penyakit penyulit diabetes melitus. Hasil penelitian dari 35 pasien dianalisis, 57% adalah wanita dan 43% adalah laki-laki. Data penelitian menunjukkan, terdapat 6 macam kombinasi antihipertensi yang digunakan. Kombinasi biaya tertinggi adalah kombinasi Tenace®+Concor® dengan total biaya Rp.294.500, sedangkan biaya terendah yaitu captopril +hidroklorotiazid dengan total biaya Rp.81.433. Kombinasi yang efektif untuk hipertensi tanpa penyulit adalah Amlodipin+captopril sebesar 100%. Kombinasi Amlodipin+Lasix® dan kombinasi Tenazid® mempunyai efektivitas terapi sebesar 100%, efektif untuk hipertensi dengan penyulit diabetes.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Biaya terapi, Hipertensi, Rawat jalan, Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Dec 2011 05:16
Last Modified: 16 Dec 2011 05:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16128

Actions (login required)

View Item View Item