Kajian Penggunaan antibiotik pada pasien Demam Typhoid dewasa di instalasi rawat inap Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta tahun 2010

FITRIYAH, HIDAYATUL (2011) Kajian Penggunaan antibiotik pada pasien Demam Typhoid dewasa di instalasi rawat inap Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta tahun 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-HALAMAN_PENGESAHAN.pdf

Download (132kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
bab_1.pdf

Download (116kB)
[img] PDF (Bab II)
bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (Bab III)
bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] PDF (Bab IV)
bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (44kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (656kB)

Abstract

Demam typhoid termasuk salah satu jenis penyakit infeksi yang tidak bisa dianggap ringan. Penyakit infeksi dan penggunaan antibiotik merupakan dua masalah yang banyak dihadapi oleh negara berkembang dan jumlah penderita masih menduduki peringkat yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rasionalitas penggunaan antibiotik pada kasus demam typhoid di instalasi rawat inap rumah sakit PKU Muhammadiyah Surakarta pada Tahun 2010. Penelitian ini merupakan jenis penelitian non eksperimental dengan analisis secara deskriptif. Sampel yang digunakan adalah pasien demam typhoid di rumah sakit PKU Muhammadiyah tahun 2010, didapat 74 pasien. Kriteria inklusi yaitu pasien dan merupakan pasien rawat inap dewasa (18-60tahun) yang didiagnosa demam typhoid, tidak menderita infeksi lain, ada catatan rekam medisnya yang lengkap, mendapatkan pengobatan dengan antibiotik. Analisis kesesuaian tepat obat menurut WHO dan BNF untuk tepat dosis. Demam typhoid di instalasi rawat inap Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta tahun 2010 golongan antibiotik yang banyak digunakan adalah sefalosporin sebanyak 75,67%. Pada analisis kesesuaian penggunaan antibiotik 100% mengalami tepat indikasi, 97,28% tepat pasien, 8,11% tepat obat dan 97,29% mengalami tepat dosis.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK K100/2011 - 48
Uncontrolled Keywords: Demam Typhoid, Antibiotik, Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Dec 2011 04:00
Last Modified: 18 Jan 2012 05:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16124

Actions (login required)

View Item View Item