Perbedaan Tingkat Depresi Antara Mahasiswa Yang Berasal Dari IPA Dengan Mahasiswa Yang Berasal Dari IPS Di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Wijayanto, Wijayanto (2011) Perbedaan Tingkat Depresi Antara Mahasiswa Yang Berasal Dari IPA Dengan Mahasiswa Yang Berasal Dari IPS Di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (237kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf

Download (60kB)
[img] PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)
[img] PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (173kB)
[img] PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)

Abstract

Depresi adalah suatu gangguan komponen psikologik, antara lain berupa rasa sedih, susah, rasa tak berguna, gagal, kehilangan, tak ada harapan, putus asa, penyesalan yang patologis dan komponen somatik. Gangguan ini dapat terjadi pada semua umur (umur rata-rata onset adalah akhir 20-an, 10% terjadi setelah umur 60-an) dengan sebagian besar kasus adalah pada usia dewasa dan perbandingan perempuan dengan laki-laki adalah 2:1 (ada peningkatan remaja dan dewasa muda yang mengalami gangguan ini). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan tingkat depresi pada mahasiswa kedokteran yang berasal dari IPA dengan mahasiswa yang berasal dari IPS. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan bagi civitas akademik UMS untuk mendapatkan gambaran tentang mahasiswa yang berasal dari jurusan IPA dengan jurusan IPS khususnya di fakultas kedokteran. Desain penelitian yang digunakan adalah deskripsi analitik dengan pendekatan cross sectional. Subjek penelitian adalah mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala L-MMPI dan Beck Depression Inventory (BDI). Keseluruhan sampel berjumlah enam puluh dua orang. Hasil penelitian menunjukkan nilai t terhitung sebesar -1,524 serta untuk signifikansinya didapatkan angka probabilitas (p) sebesar 0,133. Dari angka probabilitas tersebut dapat diketahui bahwa perbedaan tingkat depresi tidak signifikan oleh karena angka tersebut >0,05, maka Ho diterima. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah tidak terdapat perbedaan yang bermakna secara statistik antara mahasiswa yang berasal dari IPA dengan mahasiswa yang berasal dari IPS di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta. Dari penelitian ini seharusnya perlu mempertimbangkan faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya depresi sehingga hasil penelitiannya akan lebih akurat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Depresi, IPA dan IPS, Mahasiswa Kedokteran
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 15 Dec 2011 11:06
Last Modified: 15 Dec 2011 11:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16118

Actions (login required)

View Item View Item