Perbedaan Angka Kejadian Metrorrhagia Antara Lama Penggunaan Pil Kontrasepsi Kombinasi 3 Bulan dengan Lebih Dari 3 Bulan Di Puskesmas Kartasura Kabupaten Sukoharjo

SAHARA, ALFIAH TUN (2011) Perbedaan Angka Kejadian Metrorrhagia Antara Lama Penggunaan Pil Kontrasepsi Kombinasi 3 Bulan dengan Lebih Dari 3 Bulan Di Puskesmas Kartasura Kabupaten Sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_MUKA.pdf

Download (815kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (188kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (143kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (792kB)

Abstract

Latar belakang: Pil kontrasepsi kombinasi merupakan kontrasepsi dengan efektivitas tinggi, efek sampingnya minimal, tidak mengganggu hubungan seksual dan dapat digunakan jangka panjang. Salah satu efek yang ditimbulkan karena penggunaan pil kontrasepsi kombinasi adalah terjadinya metrorrhagia. Tujuan: Untuk mengetahui perbedaan angka kejadian metrorrhagia antara lama penggunaan pil kontrasepsi kombinasi 3 bulan dengan lebih dari 3 bulan di Puskesmas Kartasura Kabupaten Sukoharjo. Metode: jenis penelitian survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Kartasura Kabupaten Sukoharjo pada bulan Juni-Juli 2011 dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Jumlah sampel 60, terdiri dari 30 responden yang menggunakan pil kontrasepsi kombinasi 3 bulan dan 30 responden yang menggunakan pil kontrasepsi kombinasi lebih dari 3 bulan. Hasil: Diuji dengan uji statistik Chi Square dengan program SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada penggunaan pil kontrasepsi kombinasi 3 bulan didapatkan 6 responden dengan metrorrhagia dan 24 responden tidak metrorrhagia. Sedangkan pada penggunaan lebih dari 3 bulan didapatkan 1 responden dengan metrorrhagia dan 29 responden tidak metrorrhagia. Analisis Chi square didapatkan nilai χ2 hidung (4,043) > χ2 tabel (3,841), and (p < 0,05). Kesimpulan: Terdapat perbedaan yang bermakna secara statistik pada angka kejadian metrorrhagia antara lama penggunaan pil kontrasepsi kombinasi 3 bulan dengan lebih dari 3 bulan di Puskesmas Kartasura Kabupaten Sukoharjo, dimana angka kejadian metrorrhagia pada penggunaan pil kontrasepsi kombinas 3 bulan lebih tinggi dari pada penggunaan lebih dari 3 bulan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK J500/2011 - 29
Uncontrolled Keywords: Lama Penggunaan Pil Kontrasepsi Kombinasi -- Metrorrhagia
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 15 Dec 2011 10:51
Last Modified: 17 Jan 2012 08:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16114

Actions (login required)

View Item View Item