Hubungan Antara Cara Pembayaran Pelayanan Kesehatan dengan Mutu Pelayanan Pendaftaran Pasien Rawat Jalan di RSUD Kabupaten Ponorogo

PARSONO, PARSONO (2011) Hubungan Antara Cara Pembayaran Pelayanan Kesehatan dengan Mutu Pelayanan Pendaftaran Pasien Rawat Jalan di RSUD Kabupaten Ponorogo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
BAGIAN_DEPAN_SKRIPSI.pdf

Download (54kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_SATU.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_DUA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_TIGA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_EMPAT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_LIMA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] PDF (BAB VI)
BAB_ENAM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)

Abstract

Salah satu pendekatan kualitas jasa yang banyak dijadikan acuan dalam riset pemasaran adalah model service quality yang terdiri dari lima dimensi yaitu, tangibles (tampilan fisik/berwujud), reliability (keandalan), responsiveness (tanggapan), assurance (jaminan), dan empahthy (perhatian). Berdasarkan lima dimensi tersebut akan dapat diketahui terjadi atau tidak kesenjangan, ada tidaknya pengaruh dari lima dimensi kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien juga dapat diketahui dimensi kualitas yang paling dominan di antara lima dimensi tersebut akan mempengaruhi tingkat kepuasan pasien. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan pendekatan Cross Sectional Study. Populasi penelitian ini adalah pasien rawat jalan Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Ponorogo. Sampel penelitian sebanyak 100 yang terdiri dari 25 pasien berdasarkan cara pembayaran pelayanan kesehatan umum, Askes, Jamkesmas dan Jamkesda. Penelitian dilakukan dengan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis univariat dan analisis bivariat dengan menggunakan uji Anava. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) mutu pelayanan pendaftaran pasien rawat jalan di rumah sakit Dr. Harjono S Ponorogo rata-rata adalah baik, (2) terdapat hubungan antara cara pembayaran pelayanan kesehatan dengan mutu pelayanan pendaftaran pasien rawat jalan di rumah sakit Dr. Harjono S Ponorogo, dan (3) pasien dengan cara pembayaran menggunakan Askes mendapatkan mutu pelayanan tertinggi sedangkan pasien dengan cara pembayaran Jamkesmas mendapatkan mutu pelayanan terendah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembayaran pelayanan kesehatan, mutu pelayanan pendaftaran
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Users 5 not found.
Date Deposited: 15 Dec 2011 09:20
Last Modified: 15 Dec 2011 09:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16096

Actions (login required)

View Item View Item