Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Keberhasilan Berhenti Merokok pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun 2011.

ROSITA, RISKA and , Dwi Linna Suswardany SKM, MPH and , Zaenal Abidin, SKM., M.Kes (2011) Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Keberhasilan Berhenti Merokok pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (59kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (730kB)

Abstract

Berhenti merokok bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan. Keberhasilan berhenti merokok pada individu berbeda satu dengan lainnya. Penelitian ini bertujuan mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan keberhasilan berhenti merokok pada mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Dengan pendekatan cross sectional, sampel dalam penelitian ini adalah 89 mahasiswa laki-laki reguler angkatan 2008-2010 FIK UMS yang merupakan perokok aktif atau pernah menjadi perokok aktif, yang dipilih dengan menggunakan teknik snowball sampling. Uji statistik yang digunakan untuk menganalisis data penelitian ini adalah uji chi square dan dilanjutkan dengan uji Logistic Regresion menggunakan program SPSS versi 16. Untuk variabel lama merokok, persepsi alasan berhenti merokok dan upaya berhenti merokok dianalisis berdasakan hasil Fisher Exact (two-sided). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara faktor frekuensi merokok (p = 0,001; OR = 5,181; keeratan sangat lemah) dan faktor niat berhenti merokok (p = 0,001; OR = 14,389; keeratan sangat lemah) dengan keberhasilan berhenti merokok pada mahasiswa FIK UMS. Selanjutnya tidak ada hubungan antara faktor jumlah rokok (p = 0,158), faktor lama merokok (p = 0,093), faktor persepsi alasan berhenti merokok (p = 0,155), dan faktor upaya berhenti merokok (p= 0,706) dengan keberhasilan berhenti merokok pada mahasiswa FIK UMS. Kata Kunci: Kebiasaan merokok, faktor berhenti merokok

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kebiasaan merokok, faktor berhenti merokok
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Dec 2011 06:32
Last Modified: 19 Apr 2016 05:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16080

Actions (login required)

View Item View Item