Pengaruh latihan pliometrik lateral barrier hops dan double leg hops terhadap peningkatan power otot tungkai karateka universitas muhammadiyah surakarta

KUSWORO, YOUNG ARI (2011) Pengaruh latihan pliometrik lateral barrier hops dan double leg hops terhadap peningkatan power otot tungkai karateka universitas muhammadiyah surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
!HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (95kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (832kB)

Abstract

Latar Belakang: Di dalam beladiri Karate secara umum terdapat teknik tendangan yang bervariasi, tetapi pada dasarnya bersumber pada empat sisi telapak kaki yaitu ; punggung kaki, ujung telapak kaki, sisi telapak kaki, dan tumit. Menurut Masutatsu Oyama dikutip oleh Sujoto (1996 : 98), mengemukakan bahwa : " Kira-kira 70% beladiri menggunakan teknik tendangan dan kekuatan tendangan kurang lebih lima kali lebih besar dari teknik pukulan ".kenyataannya masih banyak karateka yang belum bisa mengaplikasikan teknik tendangan tersebut secara sempurna, permasalahan yang biasa muncul adalah kurangnya power tendangan. Alternatif latihan yang bisa diaplikasikan untuk meningkatkan power otot tungkai adalah dengan latihan pliomterik lateral barrier hops dan double leg hops. Tujuan Penelitian: mengetahui pengaruh latihan pliometrik lateral barrier hops dan double leg hops terhadap peningkatan power otot tungkai karateka UMS. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment dengan Pretest and Posttest with two grouph design . Bentuk latihan yang dipakai pada kelompok pertama adalah lateral barrier hops dan kelompok kedua adalah double leg hops yang diberikan selama 4 minggu. Jumlah subjek dari penelitian ini adalah 16 orang. Pengukuran untuk power otot tungkai adalah dengan vertical jumps test. Hasil Penelitian: Setelah 4 minggu latihan di dapatkan hasil bahwa pada kelompok perlakuan lateral barrier hops menunjukan adanya peningkatan yang signifikan dengan nilai p=0,0001, dan pada kelompok perlakuan double leg hops didapatkan hasil yang signifikan dengan nilai p=0,003, sehingga terdapat perbedaan pengaruh antara kelompok perlakuan pliometrik lateral barrier hops dengan double leg hops. Kesimpulan: pliometrik lateral barrier hops dan double leg hops berpengaruh terhadap peningkatan power otot tungkai karateka UMS dan terdapat perbedaan di antara keduanya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK J110/2011 - 36
Uncontrolled Keywords: pliometrik lateral barrier hops, double leg hops,power otot tungkai
Subjects: R Medicine > RB Pathology
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D4
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 14 Dec 2011 10:56
Last Modified: 16 Jan 2012 08:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16074

Actions (login required)

View Item View Item