Hubungan Pola Makan dan Kebiasaan Olah Raga Dengan Kadar Gula Darah Penderita Diabetes Melitus Tipe II di RS PKU Muhammadiyah Surakarta

MARYANI, SRI (2011) Hubungan Pola Makan dan Kebiasaan Olah Raga Dengan Kadar Gula Darah Penderita Diabetes Melitus Tipe II di RS PKU Muhammadiyah Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
DEPAN.pdf

Download (129kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (40kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)

Abstract

Latar belakang : Diabetes Melitus (DM) merupakan salah satu masalah kesehatan yang berdampak pada produktivitas dan dapat menurunkan kualitas sumber daya manusia (SDM). DM adalah penyakit yang banyak terjadi dengan prevalensi tahun 2000 di Indonesia sebesar 8,4 juta dan meningkat tiap tahun. Bertambahnya prevalensi tersebut berkaitan dengan meningkatnya status sosial, yang diikuti oleh perubahan pola hidup menjadi kurang sehat, antara lain kurangnya aktifitas fisik (olah raga) dan pola makan tidak sehat sehingga terjadi obesitas serta faktor genetik yang menyebabkan resistensi insulin berlanjut menjadi DM. Tujuan : Mengetahui hubungan antara pola makan dan kebiasaan olah raga dengan kadar gula darah penderita DM tipe II di RS PKU Muhammadiyah Surakarta. Metode : Jenis penelitian yang bersifat observasional dengan pendekatan cross sectional. Pola makan diukur menggunakan FFQ terbatas, kebiasaan olah raga diambil dengan mengukur frekuensi dan durasi olahraga serta kadar gula darah dengan mengambil data kadar gula darah pertama kali masuk RS. Uji hubungan dengan menggunakan Pearson Product moment dan Rank Spearmans Kesimpulan: Sebagian besar sampel mempunyai pola makan tidak baik 58% dan kebiasaan olahraga tidak baik 58% serta kadar gula darah tidak baik 92%. Dari uji statistik didapat hasil tidak ada hubungan antara pola makan dengan kadar gula darah (p=0,348) dan tidak ada hubungan antara kebiasaan olahraga dengan kadar gula darah(p= 0,175) penderita DM tipe II di RS PKU Muhammadiyah Surakarta. Saran penelitian : Disarankan untuk dilakukan penelitian yang serupa dengan lokasi, desain sampel yang berbeda dan instrumen yang lebih lengkap dengan jumlah sampel yang lebih besar, serta variabel independent ditambah agar mampu mewakili hal-hal yang mempengaruhi kadar gula darah (edukasi dan konsumsi obat diabetes). Kata Kunci : Pola makan, kebiasaan olah raga , kadar gula darah, Diabetes Melitus Tipe II Daftar Pustaka : 40 (199-2010)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: RAK J310/2011 - 26
Uncontrolled Keywords: ola makan, kebiasaan olah raga , kadar gula darah, Diabetes Melitus Tipe II
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 14 Dec 2011 10:54
Last Modified: 14 Sep 2022 06:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16072

Actions (login required)

View Item View Item