Hubungan Persepsi Pasien tentang Penyajian Makanan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas III Di RSUD Dr. Moewardi Surakarta

NAFIAH, UMI (2011) Hubungan Persepsi Pasien tentang Penyajian Makanan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas III Di RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (352kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB__I.pdf

Download (162kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (648kB)

Abstract

Pelayanan gizi di ruang rawat inap merupakan salah satu bagian penting dari perawatan pasien. Asuhan nutrisi (nutrititional care) di ketahui sebagai salah satu hal penting untuk kesembuhan pasien.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan persepsi pasien tentang penyajian makanan dengan kepuasan pasien rawat inap kelas III di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi Surakarta Penelitian ini merupakan jenis penelitian survei yang bersifat deskriptif analitik karena peneliti tidak memberikan perlakuan kepada subyek penelitian. Populasi pada penelitian ini yang diambil adalah pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi Surakarta, sedangkan sampel penelitian adalah 39 pasien rawat inap di kelas III di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi Surakarta. Hasil uji menunjukkan bahwa persepsi pasien tentang penyajian makanan mempunyai hubungan yang signifikan dengan kepuasan pasien rawat inap kelas III di RSUD Dr. Moewardi Surakarta (p= 0,000). Penyajian makan pada pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi Surakarta menurut persepsi pasien termasuk kategori cukup baik (53,8%). Kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi Surakarta termasuk kategori cukup puas (56,4%). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa persepsi pasien tentang penyajian makanan mempunyai hubungan yang signifikan dengan kepuasan pasien. Pelayanan gizi rumah sakit terhadap pasien rawat inap berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan agar semakin meningkatkan dan memperbaiki penyajian makanan pada pasien rawat inap khususnya pada warna lauk hewani, kerenyahan makanan, ketepatan penyajian serta kesabaran petugas untuk meningkatkan kepuasan pasien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penyajian makanan, kepuasan pasien
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 14 Dec 2011 10:14
Last Modified: 14 Sep 2022 06:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16067

Actions (login required)

View Item View Item