Manfaat Teknik Contract Relax Untuk Meningkatkan Keakuratan Tendangan Penalti Setiap Pemain Sepak Bola Di Grup Sepak Bola Pesma Istiqomah Pabelan Kartasura”

RIZA, ONI IFTARU (2011) Manfaat Teknik Contract Relax Untuk Meningkatkan Keakuratan Tendangan Penalti Setiap Pemain Sepak Bola Di Grup Sepak Bola Pesma Istiqomah Pabelan Kartasura”. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (128kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (955kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (18kB)

Abstract

Latar Belakang: Sepak Bola membutuhkan peran ilmu pengetahuan dan teknologi dalam membentuk atlet yang baik. Teknik dalam sepak bola salah satunya adalah tendangan. Pada UEFA 2004 dan FIFA 2006 25% dan 33% gol berasal dari tendangan penalti. Salah satu komponen yang menentukan dalam tendangan penalti adalah akurasi. Akurasi tendangan dipengaruhi oleh ROM sendi yang berbanding lurus dengan fleksibilitas otot. Fleksibilitas otot dapat ditingkatkan dengan teknik contract relax. Tujuan: Untuk mengetahui manfaat teknik contract relax dalam meningkatkan akurasi tendangan setiap pemain sepak bola. Metode: Menggunakan single-case research dengan AB design. Jumlah responden yang dilibatkan adalah 5 orang sebagai pembanding hasil setip individu. Akurasi tendangannya diukur dengan instrumen akurasi tendangan. Gawang dibagi 4 area sasaran tendang pada sudut gawang (kiri atas, kiri bawah, kanan atas dan kanan bawah) dengan ukuran 1,5 m x 0,9 m. Responden menembak 4x @ area (2 tembakan uji coba dan 2 tembakan uji) Total tembakan uji adalah 8x. Pengetesan dilakukan selama 10 hari pada hari pengamatan (hari ke-1 sampai hari ke-5) dan hari treatment (hari ke-6 sampai hari ke-10). Pelaksanaan contract relax dilakukan setiap hari selama 5 hari fase treatment. Dosis adalah 3 kali gerakan setiap pola (dilakukan pada 12 pola gerakan PNF), kontraksi 6 detik, relaks (diberikan stretching sub maximal ±75% dari ROM sepenuhnya) 10 detik. Hasil dan Kesimpulan: Contract relax tidak bermanfaat untuk meningkatkan akurasi tendangan pada orang ke-1 dan ke-3. Contract relax dapat meningkatkan akurasi tendangan pada orang ke-2, ke-4 dan ke-5.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK J110/2011 - 30
Uncontrolled Keywords: Contract relax, akurasi tendangan penalti, fleksibilitas otot, Single-case research
Subjects: R Medicine > RB Pathology
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D4
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 14 Dec 2011 10:03
Last Modified: 16 Jan 2012 07:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16065

Actions (login required)

View Item View Item