Hubungan Tingkat Kecukupan Energi, Protein, Lemak dan Karbohidrat Dengan Kadar Gula Darah Pada Penderita Diabetes Melitus Tipe II Rawat Jalan di RSUD Dr. Moewardi Surakarta

DEWI, INTAN KUMALA (2011) Hubungan Tingkat Kecukupan Energi, Protein, Lemak dan Karbohidrat Dengan Kadar Gula Darah Pada Penderita Diabetes Melitus Tipe II Rawat Jalan di RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
halaman_depan.pdf

Download (109kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)

Abstract

Pendahuluan. DM dikenal sebagai penyakit yang berhubungan dengan asupan makanan, baik sebagai faktor penyebab maupun pengobatan. Asupan makanan yang berlebihan merupakan faktor resiko pertama yang diketahui menyebabkan DM. Konsumsi energi yang melebihi kebutuhan tubuh menyebabkan lebih banyak glukosa yang ada dalam tubuh Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat kecukupan energi, protein, lemak, dan karbohidrat dengan kadar gula darah pada penderita DM tipe II rawat jalan di RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Metode Penelitian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan consecutive sampling dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 23 sampel. Kadar gula darah diperoleh dari rekam medik pasien dan tingkat kecukupan energi, protein, lemak dan karbohidrat diperoleh menggunakan metode recall 2 x 24 jam. Analisis data dengan menggunakan korelasi pearson product moment. Hasil. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kecukupan energi baik 52,2%, tingkat kecukupan protein lebih 26,1%, tingkat kecukupan lemak baik 39,1%, dan tingkat kecukupan karbohidrat baik 39,1%. Kadar gula darah puasa 91,3% tidak normal dan kadar gula darah 2 jam post prandial 82,6% tidak normal. Hasil uji korelasi tingkat kecukupan energi, lemak dan karbohidrat dengan kadar gula darah puasa diperoleh nilai p>0,05. Hasil uji korelasi tingkat kecukupan protein dengan kadar gula darah puasa diperoleh nilai p<0,05. Hasil uji korelasi tingkat kecukupan energi, protein, lemak dan karbohidrat dengan kadar gula darah 2 jam post prandial diperoleh nilai p>0,05. Kesimpulan. Tidak ada hubungan tingkat kecukupan energi, lemak dan karbohidrat dengan kadar gula darah puasa. Ada hubungan tingkat kecukupan protein dengan kadar gula darah puasa. Tidak ada hubungan tingkat kecukupan energi, protein, lemak dan karbohidrat dengan kadar gula darah 2 jam post prandial. Saran. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut tentang hubungan kadar gula darah yang dilihat berdasarkan penggunaan obat, insulin dan aktifitas fisik. Kata Kunci : DM tipe II, Asupan Makan, Energi, Protein, Lemak, Karbohidrat Kepustakaan : 44 (1992-2011)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: RAK J310/2011 - 31
Uncontrolled Keywords: DM tipe II, Asupan Makan, Energi, Protein, Lemak, Karbohidrat
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 14 Dec 2011 10:08
Last Modified: 14 Sep 2022 06:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16063

Actions (login required)

View Item View Item