Kontribusi Energi, Zat Gizi Makro Dan Zat Gizi Mikro Dari Sarapan Pagi Terhadap Angka Kecukupan Gizi Anak Pada Siswa SD Negeri Di Kelurahan Trangsan Kecamatan Gatak Kabupaten Sukoharjo

PRAMESTI, INGGRIT (2011) Kontribusi Energi, Zat Gizi Makro Dan Zat Gizi Mikro Dari Sarapan Pagi Terhadap Angka Kecukupan Gizi Anak Pada Siswa SD Negeri Di Kelurahan Trangsan Kecamatan Gatak Kabupaten Sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (189kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (54kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (48kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pendahuluan: Masalah kesehatan anak merupakan salah satu masalah utama dalam bidang kesehatan yang saat ini terjadi di Negara Indonesia. Kekurangan energi dan protein pada anak sekolah menyebabkan anak menjadi lemah daya tahan tubuhnya. Defisiensi zat besi pada anak dapat menyebabkan anemia dan menghambat pertumbuhan. Defisiensi vitamin A dan zinc pada anak dapat mengganggu pertumbuhan. Sarapan pagi dapat memberikan kontribusi 25% dari total kebutuhan gizi dalam sehari yang diperlukan oleh tubuh, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan jenis makanan sumber energi, zat gizi makro, zat gizi mikro dari sarapan pagi dan menganalisis persentase kontribusi energi, zat gizi makro dan zat gizi mikro dari sarapan pagi. Metode Penelitian: Penelitian secara deskriptif. Sampel penelitian adalah siswa kelas V, di 4 SDN di Kelurahan Trangsan, Kecamatan Gatak, Kabupaten Sukoharjo. Jumlah sampel sebesar 71 anak. Teknik dalam pengambilan sampel penelitian ini menggunakan metode Consecutive sampling. Data asupan sarapan pagi energi, zat gizi makro, zat gizi mikro menggunakan metode recall 24 jam. Identitas responden diperoleh melalui wawancara langsung dengan responden. Hasil: Rata-rata kontribusi energi dari sarapan pagi (24,42%), karbohidrat (21,51%), protein (27,53%), lemak (27,92%), vitamin A (34,50%), zat besi (14,85%) dan zinc (13,54%). Kesimpulan: rata-rata kontribusi energi kurang (24,42%), karbohidrat (21,51%), protein kurang (27,53%), lemak cukup (27,92%), vitamin A cukup (34,50%), zat besi kurang (14,85%) dan zinc rata-ratanya kurang (13,54%). Saran: Pihak sekolah sebaiknya berkoordinasi dengan orang tua murid untuk memberikan pengetahuan kepada murid tentang pentingnya manfaat sarapan pagi sebagai sumber energi, zat gizi makro dan zat gizi mikro.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: RAK J310/2011 - 27
Uncontrolled Keywords: Energy contribution, macronutrient, micronutrient, breakfast, nutritional adequacy rate
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 14 Dec 2011 09:52
Last Modified: 14 Sep 2022 06:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16061

Actions (login required)

View Item View Item