Hubungan Status Gizi Dan Kesegaran Jasmani Dengan Kecerdasan Emosional Pada Remaja Yang Mengikuti Kegiatan Ekstrakulikuler Bola Basket Di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta

KUSUMAWARDANI , INGGITA (2011) Hubungan Status Gizi Dan Kesegaran Jasmani Dengan Kecerdasan Emosional Pada Remaja Yang Mengikuti Kegiatan Ekstrakulikuler Bola Basket Di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (206kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
03._BAB__I.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Bab 2)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] PDF (Bab 3)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] PDF (Bab 4)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] PDF (Bab 5)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)

Abstract

Pendahuluan : Olahraga berkaitan dengan perasaan yang nyaman dan bugar, serta keharmonisan kepribadian seseorang. Artinya berolahraga secara teratur memiliki pengaruh tertentu terhadap kondisi psikis seseorang, yang tentunya juga berpengaruh terhadap kualitas kepribadianya. Kecerdasan emosional sangat mempengaruhi kesegaran jasmani karena keduanya saling berhubungan, jika salah satu tidak ada maka saat melakukan aktifitas tubuh menjadi tidak seimbang begitupun juga dengan status gizi yang kurang (malnutrisi) menyebabkan ketidakseimbangan zat gizi dalam tubuh akibat karena asupan yang kurang. Tujuan : Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan status gizi dan kesegaran jasmani dengan kecerdasan emosional remaja yang mengikuti kegiatan ekstrakulikuler bola basket di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Metode penelitian : Penelitian ini merupakan jenis penelitian cross sectional dengan pendekatan observasional dimana rancangan ini pengukuran, pengamatan dan pencatatan terhadap variabel bebas dan variabel terikat dilakukan dalam satu kali pengukuran dalam waktu bersamaan terhadap subyek penelitian. Sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah siswa putra yang mengikuti ekstrakulikuler bola basket berjumlah 27 orang. Cara pengambilan data untuk status gizi dengan mengukur tinggi badan, berat badan lalu dimasukan rumus IMT dan untuk pengambilan data kesegaran jasmani menggunakan test bangku Harvard dengan naik turun bangku selama 5 menit sedangkan cara pengambilan data untuk kecerdasan emosional menggunakan kuesioner sebanyak 36 soal. Hasil : Hasil uji statistik menunjukan bahwa tidak terdapat hubungan antara status gizi dengan kecerdasan emosional (p = 0,079) karena sebanyak 72,2% mempunyai status gizi baik dengan kecerdasan emosional perlu perbaikan dan juga tidak terdapat hubungan antara kesegaran jasmani dengan kecerdasan emosional (p = 0,197) dikarenakan sebanyak 76,1% tingkat kesegaran jasmani sangat baik dengan kecerdasan emosional masih perlu perbaikan. Kesimpulan : Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dari kedua variabel diatas tidak terdapat hubungan yang signifikan antara status gizi dan kesegaran jasmani dengan kecerdasan emosional. Kata kunci : status gizi, kesegaran jasmani, kecerdasan emosional Kepustakaan : 52 (1980 – 2010)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: RAK J310/2011 - 28
Uncontrolled Keywords: status gizi, kesegaran jasmani, kecerdasan emosional
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 14 Dec 2011 09:51
Last Modified: 14 Sep 2022 06:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16059

Actions (login required)

View Item View Item