Pengaruh Latihan Pliometrik Depth Jumps, Two-Foot Ankle Hop dan Neuromuscular Electrical Stimulation (NMES) Terhadap Peningkatan Kekuatan Otot Quadriceps Femoris Pada Atlit Bola Voli UMS”

Cahyadinata, Indra (2011) Pengaruh Latihan Pliometrik Depth Jumps, Two-Foot Ankle Hop dan Neuromuscular Electrical Stimulation (NMES) Terhadap Peningkatan Kekuatan Otot Quadriceps Femoris Pada Atlit Bola Voli UMS”. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (183kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (21kB)

Abstract

Latar Belakang: Bola voli merupakan satu cabang olahraga yang menuntut beragam kemampuan baik dari segi fisik, teknik, taktik dan mental. Salah satu komponen penting dalam permainan Bola voli yang diperlukan para atlet untuk menunjang prestasinya adalah power yang dibutuhkan pada saat melakukan jumping smash. jumping smash sangat dipengaruhi oleh kekuatan otot quadricep femoris. Peningkatan kekuatan otot quadricep femoris dapat ditingkatkan dengan latihan Depth Jumps, Two-Foot Ankle Hop dan kombinasi NMES Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh latihan Depth Jumps, Two-Foot Ankle Hop dan kombinasi NMES terhadap peningkatan kekuatan otot quadriceps femoris. Metode: Menggunakan metode eksperimen semu (quasi experiment) dengan menggunakan rancangan penelitian two group pre test and post test design,. Jumlah responden yang dilibatkan adalah 12 orang. Sampel ini dibagi dua kelompok perlakuan, yang pertama yaitu latihan Depth Jumps, Two-Foot Ankle Hop, dan kelompok perlakuan kedua yaitu Two-Foot Ankle Hop dan NMES.Uji beda parametrik masing-masing dengan Wilcoxon, untuk membandingkan hasil antara kedua kelompok digunakan uji Mann Withney. Hasil : Uji pengaruh dengan uji statistik wilcoxon pada kelompok pertama didapat nilai p 0,026 yang artinya ada pengaruh Depth Jumps dan Two-Foot Ankle Hop terhadap peningkatan kekuatan otot Quadricep Femoris dan pada kelompok Kedua didapat nilai p 0,027 yang artinya ada pengaruh Two-Foot Ankle Hop dan NEMS terhadap peningkatan kekuatan otot Quadricep Femoris. dan uji beda dengan mann-whitney p 0,004 yang artinya ada perbedaan pengaruh antara latihan Pliometrik depth jumps dan Two-Foot Ankle Hop dengan latihan Pliometrik Two-Foot Ankle Hop dan NMES terhadap peningkatan kekuatan otot Quadricep Femoris. Kesimpulan: depth jumps, Two-Foot Ankle Hop dan NMES berpengaruh terhadap peningkatan kekuatan otot Quadriceps Femoris, dan terdapat perbedaan antara keduanya dan latihan kombinasi Two-Foot Ankle Hop dan NMES lebih baik dibandingkan dengan latihan depth jumps dan Two-Foot Ankle Hop .

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK J110/2011 - 39
Uncontrolled Keywords: pliometrik, depth jumps, Two-Foot Ankle Hop, NMES, kekuatan otot quadriceps femoris.
Subjects: R Medicine > RB Pathology
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D4
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 14 Dec 2011 09:38
Last Modified: 20 Nov 2019 06:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16058

Actions (login required)

View Item View Item