Hubungan Antara Status Gizi dengan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 1-5 Tahun di Posyandu Buah Hati Ketelan Banjarsari Surakarta

WANTIKASARI, DESMIKA (2011) Hubungan Antara Status Gizi dengan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 1-5 Tahun di Posyandu Buah Hati Ketelan Banjarsari Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
Halaman_Depan.pdf

Download (215kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (40kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang: Anak yang sehat, cerdas dan sesuai dengan tumbuh kembangnya membutuhkan pemenuhan semua kebutuhan fisik, psikologis, sosial, dan spiritualnya. Tumbuh kembang yang optimal bertujuan untuk menjadikan anak menjadi manusia yang berkualitas dengan tidak hanya sekedar tumbuh secara fisik. Asupan gizi yang baik merupakan hal yang utama untuk tumbuh kembang yang optimal bagi seorang anak. Status gizi yang baik berperan dalam membantu proses perkembangan motorik kasar anak, yang pada akhirnya anak dapat berkembang sesuai dengan usianya. Tujuan penelitian: Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui hubungan antara status gizi dengan perkembangan motorik kasar anak usia 1 - 5 tahun di Posyandu Buah Hati Kelurahan Ketelan Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta. Metode penelitian: Jenis penelitian ini bersifat deskriptif analitik. Rancangan penelitian yang digunakan adalah cross sectional. Jumlah sampel sebanyak 40 anak balita dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Uji hipotesa penelitian menggunakan uji non parametric Chi Square. Hasil : Balita yang memiliki status gizi normal sebanyak 67,5%, sedangkan yang tidak normal sebesar 32,5%. Perkembangan motorik kasar menunjukkan bahwa perkembangan secara normal sebanyak 85%, dan yang tidak normal sebanyak 15%. Hasil uji Fisher Ecxact menunjukkan dengan nilai p = 0,370. Kesimpulan: Tidak ada hubungan antara status gizi dengan perkembangan motorik kasar anak usia 1 – 5 tahun di Posyandu Buah Hati Kelurahan Ketelan Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: RAK J310/2011 - 32
Uncontrolled Keywords: status gizi, perkembangan motorik kasar, balita
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Users 5 not found.
Date Deposited: 14 Dec 2011 09:05
Last Modified: 14 Sep 2022 06:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16054

Actions (login required)

View Item View Item