Hubungan Asupan Serat, Fe dan Mg dengan Kadar Gula Darah pada Penderita Diabetes Mellitus Tipe II Rawat Jalan RSUD Dr. Moewardi Surakarta

SUNDARI, TENY (2011) Hubungan Asupan Serat, Fe dan Mg dengan Kadar Gula Darah pada Penderita Diabetes Mellitus Tipe II Rawat Jalan RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
Halaman_Depan.pdf

Download (94kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6kB)

Abstract

Pendahuluan. Diabetes Mellitus adalah kumpulan suatu gejala yang timbul pada seseorang yang disebabkan karena adanya peningkatan kadar gula darah (glukosa) akibat kekurangan insulin baik absolut maupun relatif. Serat, Fe dan Mg mempengaruhi kadar gula darah secara langsung dan tidak langsung. Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan asupan Serat, Fe dan Mg dengan kadar gula darah pada penderita DM II rawat jalan RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Metode Penelitian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional dan teknik sampling yang digunakan adalah consecutive sampling. Nilai kadar gula darah didapat dari rekam medik dan nilai asupan serat, Fe dan Mg di dapat dari recall 2 x 24 jam pada hari yang tidak berurutan. Hasil. Uji kenormalan dengan menggunakan uji kolmogorov smirnov diketahui p > 0.05 yang menunjukkan data normal dan uji hubungan dengan Pearson Product Moment menunjukkan p > 0.05 sehingga H0 ditolak, berarti tidak ada hubungan antara asupan Serat, Fe dan Mg dengan kadar gula darah pada penderita DM II rawat jalan RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak ada hubungan antara asupan Serat, Fe dan Mg dengan kadar gula darah pada penderita DM II rawat jalan RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Saran. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut tentang hubungan kadar gula darah dengan dilihat penggunaan obat dan insulin, aktifitas fisik serta lama sakit pasien yang dapat mempengaruhi kadar gula darah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: RAK J310/2011 - 25
Uncontrolled Keywords: Diabetes Mellitus II, Asupan Makan, Serat, Fe, Mg
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Users 5 not found.
Date Deposited: 14 Dec 2011 08:53
Last Modified: 14 Sep 2022 06:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16052

Actions (login required)

View Item View Item