Hubungan Tingkat Pengtahuan tentang Asuhan Keperawatan Kritis dengan Fungsi Perawat dalam Pengelolaan Kecemasan Keluarga Pasien di RSUD Moewardi Surakarta

IKAWATI, VIVIN CANDRA and , Arif Widodo, S.ST., M.Kes and , Sulastri, S.Kp., M.Kes (2011) Hubungan Tingkat Pengtahuan tentang Asuhan Keperawatan Kritis dengan Fungsi Perawat dalam Pengelolaan Kecemasan Keluarga Pasien di RSUD Moewardi Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._BAGIAN_DEPAN.pdf

Download (312kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (755kB)

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari kita tidak bisa lepas dari kegiatan Komunikasi, termasuk komunikasi antara perawat dengan anggota keluarga pasien. Kurangnya komunikasi yang dibangun antara perawat dengan anggota keluarga dapat menimbulkan kecemasan bagi anggota keluarga yang mengantar pasien, terlebih pasien yang sedang dirawat di ruang ICU. Hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa 3anggota keluarga menyatakan kurang mendapat informasi dari perawat, dan 2 anggota keluarga menyatakan bahwa perawat dalam memberikan informasi masih banyak menggunakan bahasa medis, yang tidak dapat dipahami sehingga anggota keluarga menjadi cemas. Tujuan penelitian adalah mengetahui hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan tingkat kecemasan keluarga pada pasien yang dirawat di unit perawatan kritis di RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Jenis penelitian adalah deskriptif, dengan pendekatan cross-sectional. Sampel sebanyak 30 orang anggota keluarga yang memiliki pasien yang dirawat di ruagg kritis (ICU). Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik aksidental sampling. Instrumen komunikasi perawat dan kecemasan menggunakan kuesioner. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji korelasi Kendall tau. Hasil penelitian menunjukkan 14 responden (46,7%) menilai komunikasi perawat banyak yang kurang, 23 orang responden (66,7%) mengalami kecemasan sedang. Hasil uji hipotesis penelitian menunjukan nilai r = -0,380 p=0,005 (p<0,05) dan disimpulkan ada hubungan komunikasi perawat dengan anggota keluarga terhadap kecemasan keluarga pada pasien yang dirawat di unit perawatan kritis di RSUD Dr. Moewardi Surakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi terapeutik, Perawat, Kecemasan
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 14 Dec 2011 06:55
Last Modified: 18 Apr 2016 11:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16043

Actions (login required)

View Item View Item