Hubungan Pola Asuh Keluarga dengan Kecenderungan Munculnya Tanda dan Gejala Skizofrenia pada Pasien Skizofrenia yang Dirawat di RSJD Surakarta

LISTIYOWATI, EKO and , Arum Pratiwi, SKp, M.Kes (Kep) and , Dewi Listyorini, S.Kep. Ns. (2011) Hubungan Pola Asuh Keluarga dengan Kecenderungan Munculnya Tanda dan Gejala Skizofrenia pada Pasien Skizofrenia yang Dirawat di RSJD Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
BAGIAN_DEPAN.pdf

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_SATU.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_DUA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_TIGA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_EMPAT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_LIMA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)

Abstract

Gangguan jiwa dimulai dari stress yang kemudian berkembang menjadi depresi, bila tidak tertangani akan berkembang dan bertambah dengan keadaan fobia, bila ternyata juga tidak ditangani dengan baik, akan berkembang menjadi anxietas. Bila tetap tidak tertangani akhirnya menjadi gangguan psikotik, dalam keadaan tersebut maka orang akan mengalami penurunan fungsi sosial, seperti skizofrenia. Keluarga merupakan lingkungan pertama dan utama dalam menumbuhkembangkan anak. Keluarga memegang peranan penting dalam promosi kesehatan dan pencegahan terhadap penyakit pada anggota keluarganya, terutama terhadap gangguan kejiwaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola asuh keluarga dengan kecenderungan munculnya tanda dan gejala skizofrenia pada pasien skizofrenia yang dirawat di RSJD Surakarta. Penelitian ini adalah penelitian non eksperimental dengan pendekatan retrospektif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Sequential Sampling, merupakan suatu cara pengambilan sampel, bila objek yang diteliti sangat luas atau besar, yang diambil secara alami atau seadanya pasien. Berdasarkan besarnya sampel, maka dari 436 pasien diambil 68 pasien yang memenuhi kriteria sampel. Teknik pengolahan data menggunakan teknik analisis Chi Square. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) pola asuh orang tua pada pasien skizofrenia di RSJD Surakarta sebagian besar adalah demokratis, (2) tanda dan gejala skizofrenia pada pasien skizofrenia di RSJD Surakarta sebagian besar adalah paranoid, dan (3) terdapat hubungan pola asuh orang tua dengan kecenderungan munculnya tanda dan gejala skizofrenia pada pasien skizofrenia di RSJD Surakarta (p-value = 0,001).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: schizophrenia, patterns of parenting.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 14 Dec 2011 06:33
Last Modified: 19 Apr 2016 01:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16040

Actions (login required)

View Item View Item