Problematika penerapan metode sima’i pada bidang studi tahfidz al qur’an (studi kasus di pondok pesantren al abidin banyuanyar, surakarta)

Ahmadun, Muhamad (2007) Problematika penerapan metode sima’i pada bidang studi tahfidz al qur’an (studi kasus di pondok pesantren al abidin banyuanyar, surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan))
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (93kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (78kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)

Abstract

Al Qur’an sebagai pedoman seluruh umat Islam, mempunyai keistimewaan-keistimewaan yang terkandung didalamnya, keistimewaan Tilawah, yaitu kitab suci yang harus dibaca dan bahkan dianjurkan sebagai bacaan harian. Keistimewaan Tadabbur, artinya Al Qur’an benar-benar menjadi penggerak kemajuan kehidupan manusia, sehingga dapat menjadi peringatan untuk selalu memperbaiki diri menuju yang terbaik. Keistimewaan Hifdz, yaitu Al Qur’an selain dibaca juga perlu dihafal. Pondok Pesantren Al Abidin Surakarta sangat memperhatikan pendidikan Agama Islam terutama Tahfidz Al Qur’an. Dalam pembelajaran Tahfidz Al Qur’an ini, Pondok Pesantren Al Abidin menggunakan metode sima’i yang sangat membutuhkan persiapan yang matang. Dalam penerapan metode sima’i ini tidaklah semudah apa yang terbayangkan, namun ternyata fakta di lapangan banyak sekali problem-problem yang mengiringi pelaksanaan metode sima’i ini. Oleh karena itu diperlukan studi untuk mengetahui problematika yang muncul dalam penerapan metode sima’i pada bidang studi Tahfidz Al Qur’an di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al Abidin, sehingga dapat diupayakan solusinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika yang muncul pada penerapan metode sima’i dan memberikan solusinya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan diskriptif. Subyek penelitian dengan menggunakan seluruh populasi di Pondok Pesantren Al Abidin yang berjumlah 57 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah a).Observasi, b) Wawancara, c) Dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis diskriptif. Dan diakhir bab ditutup dengan kesimpulan dan saran-saran. Adapun hasil dari penelitian ini adalah berupa problematika penerapan metode sima’i pada bidang studi Tahfidz Al Qur’an yaitu : a) suara syaikh/ustadz yang berbeda dengan suara santri, b) pengaruh pemindahan gelombang ataupun frekuensi, c) waktu pelaksanaan metode yang kurang sesuai, d) persiapan yang belum matang, e) kurangnya perhatian santri terhadap pelajaran Tahfidz Al Qur’an, f) kurangnya media dan sumber pembelajaran Dengan mengetahui problematika-problematika tersebut, maka dibutuhkan usaha-usaha dari semua pihak yang terkait untuk meminimalkan faktor-faktor yang menjadi penghambat proses penerapan metode sima’i pada bidang studi Tahfidz Al Qur’an. Adapun solusi dari problematika tersebut adalah : a) membiasakan bacaan sesuai dengan nada/lagu ustadz yang sesuai, b) Mempersiapkan diri dalam mengahadapi materi Tahfidz baik fisik maupun mental, c) mempersiapkan dan memilih waktu-waktu yang sesuai dan cocok, d) memberikan penjelasan tentang kendala-kendala dalam materi Tahfidz, e) memberikan bimbingan dan penyuluhan tentang betapa pentingnya Tahfidz Al Qur’an bagi diri dan lingkungannnya, f) pengadaan media dan sumber belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode sima’i , tahfidz al qur’an , pondok pesantren al abidin
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 13 Dec 2011 10:59
Last Modified: 23 Nov 2019 01:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16028

Actions (login required)

View Item View Item