Metode pembelajaran bahasa arab di pesantren al-irsyad dan pesantren al-manar tahun ajaran 2006/2007 kab. semarang jateng

SUHADI, SUHADI (2007) Metode pembelajaran bahasa arab di pesantren al-irsyad dan pesantren al-manar tahun ajaran 2006/2007 kab. semarang jateng. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (80kB)

Abstract

Bahasa Arab sebagai bahasa Al-Qur’an dan As-Sunnah yang merupakan sumber utama agama Islam, hendaknya menjadi salah satu bahasa yang dikuasai atau paling tidak dimengerti oleh umat Islam Untuk mempelajari sebuah bahasa yang bukan bahasa ibu tentu membutuhkan suatu metode agar pembelajaran berlangsung dengan baik. Skripsi ini membahas tentang perbandingan metode pembelajaran bahasa Arab yang diterapkan oleh pesantren Al-Irsyad dan pesantren Al-Manar Semarang Jateng dengan tujuan untuk mengetahui metode- metode yang diterapkan oleh pesantren Al-Irsyad dan Al-Manar dalam pembelajaran bahasa Arab serta mengetahui kelebihan dan kekurangan metode-metode tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach) dengan pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang prosedurnya menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata yang tertulis atau lisan dari orang-orang dan pelaku yang diamati. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi dan dianalisis secara deskriptif analitik dengan cara berpikir deduktif dan komperatif. Metode pembelajaran bahasa Arab adalah cara atau rencana menyeluruh yang berkenaan dengan penyajian materi bahasa Arab secara teratur guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Hal-hal yang berpengaruh dalam penerapan metode pembelajaran bahasa Arab adalah tujuan, guru, siswa, materi pelajaran lingkungan dan evaluasi. Metode pendekatan pembelajaran bahasa Arab ada dua teori yaitu teori kesatuan (nadhariyatul wihdah) dan teori bagian-bagian (nadhariyatul furu). Adapun teknik pengajaran basaha Arab ada dua yaitu direct method dan indirect method. Beberapa metode dalam pembelajaran bahasa Arab antara lain, metode tata bahasa-terjemahan (gramatika-translation), metode percakapan (muhadatsah), metode mendengar dan mengucapkan (phonetic), metode membaca (muthala’ah) dan metode campuran (electic method). Dari hasil penelitian yang telah dilakukan disimpulkan bahwa pesantren Al-Irsyad dalam pembelajaran bahasa Arab menerapkan metode pendekatan teori kesatuan dan teori bagian-bagian sekaligus dengan teknik indirect method untuk kelas VII dan VIII MTs dan teknik direct method untuk kelas IX MTs dan pengajaran dilakukan dengan metode elektik. Adapun tujuan pembelajaran adalah penguasaan bahasa Arab aktif baik lisan maupun tulisan dengan materi buku al- arabiyatu lin nasyiin ditambah materi dari buku nahwu wadhih, kitabu tasrif dan buku bacaan muthala’ah. Pesantren Al-Manar menerapkan metode pendekatan teori kesatuan dengan teknik indirect method dengan metode elektik, adapun tujuan pembelajaran bahasa Arab di pesantren ini adalah penguasaan qawaid bahasa Arab dengan baik dengan materi pelajaran bahasa Arab yang ditetapkan oleh Depag.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran bahasa arab, pesantren al-irsyad, pesantren al-manar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 13 Dec 2011 10:11
Last Modified: 03 Mar 2012 06:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16015

Actions (login required)

View Item View Item