Pengaruh Senam Asma Terhadap Peningkatan Kualitas Hidup Penyandang Asma di Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat (BBKPM) Surakarta

YANUARIDA, NASTITI (2011) Pengaruh Senam Asma Terhadap Peningkatan Kualitas Hidup Penyandang Asma di Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat (BBKPM) Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
cover_1-daftar_isi.pdf

Download (485kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (96kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)

Abstract

Latar Belakang: Asma merupakan penyakit yang sering dijumpai dimasyarakat, data yang diperoleh dari Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat (BBKPM) Surakarta tentang kunjungan penyandang asma yang terus meningkat di setiap tahunnya mulai dari tahun 2009 mencapai 747 kunjungan dan pada tahun 2010 mencapai 3060 kunjungan. Asma adalah penyakit paru inflamasi kronik dari saluran pernafasan karena terjadinya penyempitan bronkus dengan produksi mukus dan mukosa berlebih yang menimbulkan serangan berupa rasa sesak didada atau dyspnea, dada terasa berat, mengi, serta batuk, apabila serangan tersebut semakin progesif atau sering terjadi akan membatasi penyandang untuk menjalani gaya hidup yang normal sehingga akan menurunkan atau memperburuk kualitas hidup penyandang asma. Tujuan Penelitian: Mengetahui Pengaruh senam asma terhadap peningkatan kualitas hidup penyandang asma. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Pelaksanaan penelitian dilakukan dengan metode pengambilan sampel yaitu Total Sampling di Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat (BBKPM) Surakarta pada penyandang asma yang mengikuti senam asma sebagai kelompok senam asma dan penyandang asma rawat jalan di poli non TB kelompok kontrol dengan pengambilan sampel 7 orang pada masing masing kelompok. Pengukuran kualitas hidup dengan menggunakan Mini Asthma Quality of Life Quesionnaire (MAQLQ). Teknik pengambilan data dilakukan dengan desain penelitian Pretest and Posttest with Control Group Design dengan analisis data mengunakan uji statistik Non Parametrik. Hasil Penelitian: Berdasarkan pengujian Statistik didapatkan hasil yang signifikan dengan nilai P = 0,018 sehingga dapat disimpulkan bahwa Senam asma yang dilakukan selama 6 minggu memberikan pengaruh terhadap peningkatan Kualitas Hidup Penyandang Asma. Kesimpulan: Pemberian Senam Asma terhadap kualitas hidup memberikan pengaruh positif yang signifikan daripada yang tidak senam asma.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK J110/2011 - 35
Uncontrolled Keywords: Asma, Senam Asma, Kualitas Hidup
Subjects: R Medicine > RB Pathology
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D4
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 13 Dec 2011 10:11
Last Modified: 16 Jan 2012 08:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16013

Actions (login required)

View Item View Item