Huhungan Antara Kenaikan Berat Badan Ibu Hamil Dengan Berat Badan Lahir Bayi di Wilayah Kerja Puskesmas Gatak Sukoharjo Kecamatan GatakKabupaten Sukoharjo

Kudyani, Emah (2010) Huhungan Antara Kenaikan Berat Badan Ibu Hamil Dengan Berat Badan Lahir Bayi di Wilayah Kerja Puskesmas Gatak Sukoharjo Kecamatan GatakKabupaten Sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Bab.1)
J210060017.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Full texs)
J210060017.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (606kB)

Abstract

Masa hamil adalah masa di mana seorang wanita memerlukan berbagai unsur gizi yang jauh lebih banyak daripada yang di perlukan dalam keadaan biasa.. Disamping untuk memenuhi kebutuhan tubuhnya sendiri berbagai zat gizi itu juga diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan janin yang ada dalam kandungannya. Kenaikan berat badan dapat dipakai sebagai indeks untuk menentukan status gizi wanita hamil, dan merupakan asosiasi positif antara berat badan lahir bayi maupun berat badan ibu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kenaikan berat badan ibu hamil dengan berat badan lahir bayi di Wilayah kerja Puskesmas Gatak Kabupaten Sukoharjo. Metode penelitian menggunakan desain penelitian descriptif corelation dengan pendekatan retrospektif. Penelitian dilaksanakan di Wilayah kerja Puskesmas Gatak Kabupaten Sukoharjo. Sampel penelitian sebanyak 77 responden menggunakan metode cluster propotional random sampling. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner terbuka. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan uji Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kenaikan berat badan responden sebagian besar baik (lebih dari 11 kg), (2) berat badan bayi lahir sebagian besar dalam kategori normal, dan (3) terdapat hubungan yang signifikan antara kenaikan berat badan ibu hamil dengan berat badan bayi lahir pada ibu bersalin di Wilayah kerja Puskesmas Gatak Sukoharjo (p value 0,000).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kenaikan berat badan, ibu hamil, berat badan bayi lahir.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 13 Dec 2011 10:49
Last Modified: 13 Dec 2011 10:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16012

Actions (login required)

View Item View Item