Penatalaksanaan Fisioterapi pada KondisiParaplegi Frankle A dengang Modalitas Terapi Latihan di RSAL DR Ramelan Surabaya

MUSLIM, ZULFY TYAS TONO (2011) Penatalaksanaan Fisioterapi pada KondisiParaplegi Frankle A dengang Modalitas Terapi Latihan di RSAL DR Ramelan Surabaya. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2)_Hal_Depan.pdf

Download (261kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3)_BAB_I.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Bab II)
4)_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] PDF (Bab III)
5)_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] PDF (Bab IV)
6)_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] PDF (Bab V)
7)_Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8)_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)

Abstract

Latar Belakang : Tingginya tingkat insiden yang mencederai tulang belakang dapat mengakibatkan cedera serius. Kemungkinan yang terjadi yaitu seseorang akan kehilangan kemampuan untuk transfer dan ambulasi karena kelumpuhan pada kedua kaki bahkan semua anggota geraknya. Cedera pada medulla spinalis di level tertentu akan menyebabkan gangguan fungsi tubuh pada level tersebut dan bagian-bagian di bawah level itu yang terputus hubungannya dengan saraf pusat yang utama yaitu pada otak. Seseorang yang mendapat cedera pada tulang vertebra thorakal ke bawah akan mengalami paraplegi atau kelumpuhan atau kelayuhan pada kedua tungkai. Tujuan : Karya tulis ilmiah ini bertujuan untuk memahami permasalahan pada kondisi paraplegi Frankle A dan penanganan dengan menggunakan modalitas Terapi Latihan. Hasil : Saat sebelum terapi terdapat penurunan kekuatan otot, dan penurunan kemampuan fungsional dari tidur terlentang ke miring, namun setelah mendapatkan Terapi yaitu berupa Terapi Latihan selama 6x, mengalami dan peningkatan kemampuan fungsional dari tidur terlentang ke miring. Kesimpulan : Masalah yang timbul pada kondisi paraplegi Frankle A adalah penurunan kekuatan otot dan penurunan kemampuan fungsional dari tidur terlentang ke miring. Modalitas yang digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah Terapi Latihan. Dengan pemberian terapi walaupun belum maksimal, namun didapatkan peningkatan kemampuan fungsional tidur terlentang ke miring.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Additional Information: RAK J100/2011 - 40
Uncontrolled Keywords: Paraplegi Frankle A, Terapi Latihan
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D3
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 Dec 2011 09:32
Last Modified: 16 Jan 2012 05:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16005

Actions (login required)

View Item View Item