Penatalaksanaan Terapi Latihan pada Kasus Paska Operasi Orif Fraktur Kruris 1/3 Medial Dekstra di RS PKU Muhammadiyah Surakarta

Ardhiana, Dhevilia (2011) Penatalaksanaan Terapi Latihan pada Kasus Paska Operasi Orif Fraktur Kruris 1/3 Medial Dekstra di RS PKU Muhammadiyah Surakarta. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (273kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (233kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (115kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)

Abstract

Karya tulis ilmiah penatalaksanaan terapi latihan pada kasus paska operasi ORIF fraktur kruris 1/3 medial dekstra ini dimaksudkan untuk memberikan informasi, pengetahuan, dan pemahaman tentang kasus paska operasi ORIF fraktur kruris 1/3 medial dekstra yang menyebabkan timbulnya berbagai permasalahan fisik yang berupa nyeri diam, tekan, dan gerak pada tungkai bawah, adanya oedem pada tungkai bawah, keterbatasan LGS aktif maupun pasif pada tungkai bawah, terjadi penurnan kekuatan otot pada tungkai bawah, dan keterbatasan fungsional. Untuk menanggulangi masalah tersebut, maka fisioterapi memberikan metode terapi latihan berupa breathing exercise, active movement, passive movement, resisted active movement, latihan transfer dan ambulasi, yang bertujuan untuk mengurangi nyeri diam, tekan, dan gerak, mengurangi oedem, meningkatkan LGS, meningkatkan kekuatan otot, dan meningkatkan kemampuan fungsional. Setelah menjalani terapi selama 6 kali, didapatkan hasil: adanya penurunan nyeri diam, tekan dan gerak pada tungkai bawah, adanya penurunan oedema pada tungkai bawah, adanya peningkatan LGS lutut dan pergelangan kaki, adanya peningkatan kekuatan otot tungkai bawah, adanya peningkatan kemampuan fungsional. Saran selanjutnya pada karya tulis ilmiah ini adalah perlu diadakan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui modalitas fisioterapi apa yang berpengaruh diantara modalitas yang telah diterapkan tersebut di atas pada kasus paska operasi ORIF fraktur kruris 1/3 medial dekstra.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: paska operasi ORIF fraktur kruris 1/3 medial dekstra, Terapi Latihan.
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D3
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 Dec 2011 05:58
Last Modified: 13 Dec 2011 05:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15986

Actions (login required)

View Item View Item