Penatalaksanaan Fisioterapi pada Cerebral Palsy Flaccid Quadriflegi dengan Metode Neuro Development Treatment di Yayasan Sayap Ibu Yogyakarta

MURIDA, ESI (2011) Penatalaksanaan Fisioterapi pada Cerebral Palsy Flaccid Quadriflegi dengan Metode Neuro Development Treatment di Yayasan Sayap Ibu Yogyakarta. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (564kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (605kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)

Abstract

Latar Belakang, karya tulis ilmiah ini di maksudkan untuk memberikan informasi, pengetahuan, dan pemahaman tentang kasus Cerebral Palsy Flaccid yang menyebabkan timbulnya berbagai permasalahan fisik yang berhubungan dengan gangguan tumbuh kembang anak dan kelainan fisik serta kerusakan pada otak. Modalitas yang diberikan pada kasus ini adalah terapi latihan, Neuro Development treatment(NDT). Tujuan, ilmiah ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manfaat terapi latihan, Neuro Development Treatment (NDT), guna mencapai tujuan fisioterapi berupa penangan dan pencegahan permasalahan yang berhubungan dengan tumbuh kembang dan kelainan fisik. Pada kasus ini fisioterapi memberikan terapi dengan Neuro Development Treatment (NDT) yang di berikan terapi sebanyak 6 kali tindakan. Hasil, tidak ada perubahan atau peningkatan kekuatan otot anggota gerak atas (AGA)seperti shoulder,elbow.T1 untuk gerakan shoulder dengan nilai 2,untuk gerakan elbowdengan nilai 2 dan T6 dengan nilaitetap sama 2. sedangkan pada anggota gerak bawah ( AGB) seperti hip,knee,dan angkle dengan T1untuk hip dengan nilai 2,untuk knee dengan nilai 2dan ankle dengan nilai 1,sehingga didapatkan hasil antara T1denganT6 adalah nilai otot tetap sama. Adapun untuk evaluasi menilai kemampuan aktivitas fungsional (ADL) menggunakan Gross Motor Function Measure(GMFM) T1=a)berbaring dan berguling dengan nilai 34, b)duduk dengan nilai 23, c)merangkak dengan nilai 0, d) berdiri dengan nilai 0, e) jalan lari,lompat dengan nilai 0. Dengan hasil dari nilai 5 gerakan 8,998% jadi T1 berbaring dan berguling dengan nilai=8,998%, duduk dengan nilai= 8,998%, merangkak dengan nilai =8,998%,berdiri dengan nilai=8,998%, jalan lari, lompat dengan nilai =8,998% sampai T6 hasil tetap sama dengan nilai 8,998% Kesimpulan, didapatkan tidak ada peningkatan kekuatan otot, dan tidak ada peningkatan aktivitas fungsional otot.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Cerebral Palsy Flaccid Quadriplegi, terapi latihan, Neuro Development Treatment.
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D3
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 Dec 2011 05:43
Last Modified: 13 Dec 2011 05:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15984

Actions (login required)

View Item View Item