Hubungan Antara Motivasi Berprestasi dengan Minat Menjadi Asisten Praktikum pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta

ROHMAWATI, NOVITA NUR (2011) Hubungan Antara Motivasi Berprestasi dengan Minat Menjadi Asisten Praktikum pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
Halaman_Depan.pdf

Download (84kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)

Abstract

Keluarga, dosen, dan masyarakat berharap, khususnya mahasiswa pada fakultas psikologi memiliki minat tinggi untuk menjadi asisten praktikum pada fakultas psikologi. Harapan keluarga, dosen, dan masyarakat tersebut tidak sesuai dengan kenyataan. Mahasiswa yang mempunyai minat menjadi asisten praktikum cenderung rendah. Salah satu faktor yang mempengaruhi minat menjadi asisten praktikum yaitu motivasi berprestasi. motivasi berprestasi adalah kecenderungan berprestasi dalam menyelesaikan suatu aktivitas atau pekerjaan dengan usaha yang aktif sehingga memberikan hasil yang terbaik. Tujuan dalam penelitian ini adalah : (1) Hubungan antara motivasi berprestasi dengan minat menjadi asisten praktikum pada mahasiswa psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. (2) Peran motivasi berprestasi terhadap minat menjadi asisten praktikum pada mahasiswa psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. (3) Tingkat motivasi berprestasi pada mahasiswa psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. (4) Tingkat minat menjadi asisten praktikum pada mahasiswa psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Ciri-ciri sampel yang ditetapkan adalah: (a) Semester 5 keatas, diasumsikan telah mengikuti beberapa mata kuliah praktikum. (b) Mempunyai IPK minimal 2,75, sebagai salah satu syarat dapat mendaftar sebagai asisten praktikum. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive non random sampling. Kesimpulan hasil penelitian ini yaitu: (1) Ada hubungan antara motivasi berprestasi dengan minat menjadi asisten praktikum sebesar r = 0,367 dengan p = 0,017 atau p < 0,05. Artinya semakin tinggi motivasi berprestasi pada diri mahasiswa maka semakin tinggi minatnya untuk menjadi asisten praktikum. Sebaliknya, semakin rendah motivasi berprestasi pada diri mahasiswa maka minatnya untuk menjadi asisten praktikum juga semakin rendah. (2) Besarnya sumbangan motivasi berprestasi terhadap minat menjadi asisten praktikum sebesar 13,5%, yang berarti masih terdapat 86,5% variabel-variabel lain yang mempengaruhi minat menjadi asisten praktikum di luar variabel motivasi berprestasi. Variabel-variabel tersebut di antaranya yaitu sikap, dukungan keluarga, dukungan teman sebaya, dan fasilitas belajar. (3) Motivasi berprestasi tergolong tinggi. (4) Minat menjadi pratikum tergolong tinggi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Berprestasi dan Minat Menjadi Asisten Praktikum
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Users 5 not found.
Date Deposited: 13 Dec 2011 04:34
Last Modified: 13 Dec 2011 04:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15976

Actions (login required)

View Item View Item