Hubungan antara Kedisiplinan Belajar dengan Prestasi Belajar pada Siswa SMP Negeri 2 Pekalongan

Pratama, Ikra Muda (2011) Hubungan antara Kedisiplinan Belajar dengan Prestasi Belajar pada Siswa SMP Negeri 2 Pekalongan. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER.pdf

Download (252kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)

Abstract

Dari waktu ke waktu perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi makin pesat. Arus globalisasi semakin hebat. Akibat dari fenomena ini antara lain munculnya persaingan dalam berbagai bidang kehidupan, diantaranya bidang pendidikan. Untuk menghadapi tantangan berat ini dibutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas, salah satu cara yang ditempuh adalah melalui peningkatan mutu pendidikan. Hasil kegiatan belajar yang diharapkan adalah prestasi belajar yang baik. Memperoleh prestasi belajar yang baik tidaklah mudah, banyak faktor yang mempengaruhi. Faktor siswa memegang peranan dalam mencapai prestasi belajar yang baik, karena siswa yang melakukan kegiatan belajar perlu memiliki karakteristik belajar dan kedisiplinan belajar. Masalah kedisiplinan belajar merupakan masalah yang patut diperhatikan, sebab adanya kedisiplinan belajar bukan hanya sekedar menunjukkan indikasi turunnya semangat dan kegairahan belajar tetapi dapat mempengaruhi pencapaian tujuan belajar yaitu prestasi belajar yang diperoleh siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui 1) Hubungan antara kedisiplinan belajar dengan prestasi belajar; 2) Tingkat kedisiplinan belajar pada subjek penelitian; 3) Tinggi rendahnya prestasi belajar pada subjek penelitian. Hipotesis yang diajukan ada hubungan positif antara variabel kedisiplinan belajar dengan prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Variabel bebas kedisiplinan belajar dan variabel tergantung prestasi belajar. Subjek penelitian adalah siswa-siswi kelas VIII D-E, IX B dan E SMP Negeri 2 Pekalongan berjumlah 104 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan skala kedisiplinan belajar dan dokumentasi prestasi belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi product moment. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar -0,008; p = 0,932 (p>0,05). Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar - 0,008 dengan p = 0,932 (p>0,05) artinya tidak ada hubungan positif antara kedisiplinan belajar dengan prestasi belajar. Sumbangan efektif kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar sebesar –0,008 yang ditunjukkan oleh koefisien determinan (r²) sebesar 0,000064 dengan prosentase 0,0064%. Dari hasil analisis Kedisiplinan belajar pada subjek penelitian ditunjukkan dengan rerata empirik (RE) = 96,68 tergolong tinggi dan rerata hipotetik (RH) = 75 tergolong sedang. Sedangkan hasil analisis prestasi belajar pada subjek penelitian ditunjukkan dengan rerata empirik (RE) = 81,39 tergolong sedang. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan positif antara kedisiplinan belajar dengan prestasi belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kedisiplinan belajar, prestasi belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Dec 2011 06:30
Last Modified: 12 Dec 2011 06:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15949

Actions (login required)

View Item View Item