HUBUNGAN ANTARA KEMATANGAN EMOSI DENGAN KEMAMPUAN MANAJEMEN KELAS PADA GURU SMA MUHAMMADIYAH SALATIGA DAN MAN SALATIGA

Ambarwati, Retno (2008) HUBUNGAN ANTARA KEMATANGAN EMOSI DENGAN KEMAMPUAN MANAJEMEN KELAS PADA GURU SMA MUHAMMADIYAH SALATIGA DAN MAN SALATIGA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
F100030204.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB)

Abstract

HUBUNGAN ANTARA KEMATANGAN EMOSI DENGAN KEMAMPUAN MANAJEMEN KELAS PADA GURU SMA MUHAMMADIYAH SALATIGA DAN MAN SALATIGA Retno Ambarwati ABSTRAKSI Kemerosotan pendidikan di Indonesia sudah terasakan selama bertahun-tahun, untuk kesekian kalinya kurikulum dituding sebagai penyebabnya. Hal ini tercermin dengan adanya upaya mengubah kurikulum mulai kurikulum 1975 diganti kurikulum 1984, kemudian diganti lagi kurikulum 1994. Mengungkapkan bahwa kemerosotan pendidikan bukan diakibatkan oleh kurikulum tetapi oleh kurangnya kemampuan profesionalisme guru dan keengganan belajar siswa. Kemampuan manajemen kelas akan berjalan baik apabila guru memiliki kematangan emosi yang tinggi sehingga mengakibatkan situasi dan kondisi kelas yang tenang, teratur, tertib, ada hubungan positif antara guru dan murid dimana siswa-siswanya tampak aktif, partisipasif. Begitu juga sebaliknya kemampuan manajemen kelas yang kurang baik akan membuat situasi belajar tidak menyenangkan hal ini disebabkan karena kematangan emosi yang rendah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara kematangan emosi dengan kemampuan manajemen kelas pada guru di SMA Muhammadiyah Salatiga dan MAN Salatiga. Hipotetis yang diajukan yaitu ada hubungan positif antara kematangan emosi dengan kemampuan manajemen kelas pada guru. Subyek pada penelitian ini adalah guru di SMA Muhammadiyah Salatiga dan MAN Salatiga jadi keseluruhan subjek berjumlah 45 guru. Tehnik sampling yang digunakan yaitu purposive non random sampling. Teknik analisis data yang digunakan product moment. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: 1) ada hubungan positif yang sangat signifikan antara kematangan emosi dengan kemampuan manajemen kelas. 2) adanya sumbangan efektif (r2) variabel kematangan emosi sebesar 45,5% dan ada faktor lain sebesar 54,5% yang mempengaruhi variabel kemampuan manajemen kelas pada guru, misalnya materi ajar dan fasilitas belajar dan mengajar, pelatihan guru dan tenaga kependidikan lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kematangan emosi, kemampuan manajemen kelas
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Esti Handayani
Date Deposited: 25 May 2009 08:52
Last Modified: 17 Nov 2010 05:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1592

Actions (login required)

View Item View Item