EVALUASI KINERJA ANGKUTAN UMUM BUS JURUSAN SOLO – BANDUNG PO. BUDIMAN DITINJAU DARI TINGKAT PELAYANAN DAN ASPEK FINANSIAL

MAHANANI, SRI (2008) EVALUASI KINERJA ANGKUTAN UMUM BUS JURUSAN SOLO – BANDUNG PO. BUDIMAN DITINJAU DARI TINGKAT PELAYANAN DAN ASPEK FINANSIAL. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
D100000162.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)

Abstract

Bus seabagai salah satu sarana transportasi untuk menunjang kebutuhan pokok masyarakat yang keberadaannya memerlukan penanganan secara baik dan benar. Pelayanan dan penetapan tarif yang tepat sangat diperlukan dalam penyelenggaraan angkutan umum, agar tidak menimbulkan masalah bagi masyarakat. Secara lengkap penelitian tugas akhir ini bertujuan untuk menganalisa biaya operasional kendaraan dan kelayakan tarif bus Jurusan Solo-Bandung khususnya bus patas PO. Budiman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode inferensial (meneliti keadaan objek dan memberikan kesimpulan). Adapun analisa kerja yang ditinjau antara lain adalah kecepatan perjalanan, Load Factor, waktu sirkulasi, headway, waktu henti, availability, dan jumlah penumpang.Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer yang diperoleh adalah jumlah penumpang naik pada setiap agen serta jumlah penumpang turun sampai Bandung, waktu tempuh, jarak tempuh, waktu berhenti di terminal atau agen, jam berangkat dan jam tiba serta kapasitas angkutan. Sedangkan data sekunder yang diperoleh adalah rute bus dan jadwal pemberangkatan bus Jurusan Solo-Bandung, harga satuan komponen biaya operasi kendaraan serta tarif dasar angkutan umum dari DLLAJ. Selanjutnya datadata tersebut diolah dan dianalisis untuk mendapatkan parameter kelayakan tarif dan kinerja bus patas tersebut. Hasil analisis menunjukkan bahwa kinerja bus Jurusan Solo-Bandung khususnya bus PO. Budiman telah memenuhi standar yang ditetapkan oleh pemerintah apabila ditinjau dari kecepatan rata-rata sebesar 52,682 km/jam karena standar kecepatan minimum yang ditetapkan oleh pemerintah sebesar 30 km/jam, waktu sirkulasi bus Patas PO. Budiman sesuai hasil perhitungan sebesar 48,04 jam, Load Factor bus Patas Budiman sebesar 76,97% apabila diukur berdasarkan standar yang ditetapakn sebesar 70 % - 100 % maka Load Factor bus Patas PO. Budiman telah memenuhi standar, BOK untuk bus Patas PO. Budiman sebesar Rp. 3.605,24/km. Sedangkan tarif penumpang di lapangan sebesar Rp.65.000,-, tarif sesuai BOK sebesar Rp. 63.701,78. BCR (Benefit Cost Ratio) untuk bus Patas Budiman sebesar 1,12 dan NPV (Net Present Value) Rp. 6.009.653,68. Dari hasil analisis tersebut, dapat dilihat bahwa kinerja bus Patas PO. Budiman layak bila ditinjau dari aspek finasial, karena dengan tarif tersebut pemilik perusahaan otobus masih mengalami keuntungan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Biaya Operasi Kendaraan(BOK), Tarif
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Maria Husnun Nisa
Date Deposited: 25 May 2009 08:42
Last Modified: 17 Nov 2010 05:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1590

Actions (login required)

View Item View Item