Penentuan Kombinasi Jumlah Produk Untuk Menentukan Laba yang Optimal dengan Pendekatan Goal Programming ( Studi Kasus pada PT. TIMBANGAN ”SSS”, SUMBER-SOLO. )

ARYANTO, RUDI TEGUH (2011) Penentuan Kombinasi Jumlah Produk Untuk Menentukan Laba yang Optimal dengan Pendekatan Goal Programming ( Studi Kasus pada PT. TIMBANGAN ”SSS”, SUMBER-SOLO. ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Cover.pdf

Download (110kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampirana)
HASIL_OPTIMASI_TUJUAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin canggih juga menuntut perusahaan yang ingin tetap bertahan untuk memakai teknologi yang paling tepat bagi perusahaan. Selain itu pengelolaan dan strategi yang diterapkan oleh perusahaan memegang peranan yang sangat penting juga bagi kemajuan perusahaan itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah Membuat model/persamaan matematis dari perumusan masalah yang ditentukan dan Untuk menentukan jumlah kombinasi produk yang optimal untuk memaksimumkan laba yang diperoleh. Penelitian dilakukan di perusahaan pembuatan/ perangkaian timbangan PT. Timbangan “SSS” yang berlokasi di Jalan Ki Mangun Sarkoro no 119, Sumber-Solo. Data yang digunakan adalah data jumlah permintaan, harga bahan baku, biaya produksi yang meliputi biaya tenaga kerja, biaya listrik, biaya kerja lembur, biaya bahan baku dan bahan pembantu. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, interview dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dilakukan dengan melakukan pembobotan condorcet dan kemudian mengolahnya dengan software lindo. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa kombinasi produk yang optimal didapat dari pengolahan model goal programming dengan software LINDO adalah produk X1 yang harus dibuat sebanyak 1.683 unit; produk X2 sebanyak 1.675 unit; produk X3 sebanyak 2.984 unit; produk X4 sebanyak 2.433 unit; produk X5 sebanyak 1.212 unit; produk X6 sebanyak 896 unit dan produk X7 sebanyak 904 unit. Adapun pendapatan yang diperoleh sebesar Rp. 7.140.150.000 dengan biaya produksi minimal sebesar Rp. 5.358.240.883.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK D600/2011 - 15
Uncontrolled Keywords: kombinasi produk, condorcet, Goal Programming
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 Dec 2011 10:50
Last Modified: 13 Jan 2012 09:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15891

Actions (login required)

View Item View Item