Analisis Kelayakan Waralaba dan Pemasaran dengan Metode BCG (Boston Consulting Group ) (Studi kasus : warung Bakso dan Mie ayam Pak Dani Sine, Ngawi, Jawa Timur)

SUSILO, ANDRI (2011) Analisis Kelayakan Waralaba dan Pemasaran dengan Metode BCG (Boston Consulting Group ) (Studi kasus : warung Bakso dan Mie ayam Pak Dani Sine, Ngawi, Jawa Timur). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (284kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_1.pdf

Download (83kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (75kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (728kB)

Abstract

Permintaan bakso di kalangan masyarakat sekarang ini sangatlah tinggi, karena makanan ini sangat lezat, enak, bergizi, mudah dicari. Keinginan produsen untuk mengukur tingkat kelayakan usahanya dan permintaan konsumen untuk mendirikan waralaba serta analisa pemasaran dengan pesaingnya. Penelitian ini berusaha untuk menganalisis studi kelayakan terhadap warung makan Pak Dani yang menjajakan Bakso dan Mie ayam yang telah berdiri sejak tahun 1998. Dan kelayakan waralaba jika usaha ini telah memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan untuk menjadi daftar waralaba. Serta analisa pemasaran dengan menggunakan metode BCG dengan warung makan Pak mantep dan pewaralaba Bakso Cak Eko malang. Hasil analisis aspek pasar permintaan pasar terus meningkat, kebutuhan bakso didaerah tersebut sangat tinggi dengan area pegunungan yang cocok dengan makanan panas. Aspek tehnik suasana dan udara yang dingin serta mendapatkan tenaga kerja mudah dan pembelian bahan baku cukup dekat. Aspek lingkungan mengatasi persoalan limbah yang di hasilkan dari warung ini pemilik akan memberikan dan menyetorkan kepada peternak bebek atau angsa yang berada di dekat warung untuk sebagai pakan ternak. Aspek keuangan NPV diperoleh hasil Rp 462.577,00, Payback Period 1tahun 10 bulan 1 hari, Break Even Poin ( BEP ) yaitu 579 porsi. Internal Rate of Return 5%. Untuk waralaba warung ini sudah memunuhi persyaratan untuk daftar mendirikan waralaba. Untuk analisa pemasaran cukup dikatakan tinggi, untuk pertumbuhan pasar 19%, pangsa pasar relative Bakso Pak Dani pada tahun 2009 sebesar dan 2010 menunjukkan pada kuadran 2 (Star) dengan Bakso Pak Mantep, dan menunjukkan pada kuadran 1 (Question Mark) dengan Bakso Cak Eko Malang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: RAK D600/2011 - 16
Uncontrolled Keywords: Aspek, Bakso, BCG (Boston Consulting Group), Mie ayam, Kelayakan ,Waralaba,
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 Dec 2011 10:29
Last Modified: 13 Jan 2012 09:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15887

Actions (login required)

View Item View Item