Pengaruh Pencahayaan Terhadap Pekerjaan Pemeriksaan Visual dan Beban Mental dengan Metode Nasa Task Load Index (Studi Kasus: Ruang Iklim Laboratorium Perancangan Sistem Kerja dan Ergonomi Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Muhhammadiyah Surakarta)

NUSA, GALIH DWIPO OBOR (2011) Pengaruh Pencahayaan Terhadap Pekerjaan Pemeriksaan Visual dan Beban Mental dengan Metode Nasa Task Load Index (Studi Kasus: Ruang Iklim Laboratorium Perancangan Sistem Kerja dan Ergonomi Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Muhhammadiyah Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Awal.pdf

Download (190kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I_OBOR.pdf

Download (104kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II_OBOR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (662kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III_OBOR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_OBOR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.OBOR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (106kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (536kB)

Abstract

Pencahayaan merupakan salah satu faktor lingkungan yang dapat berpengaruh terhadap pekerjaan manusia. Pekerjaan yang dapat dipengaruhi oleh tingkat pencahayaan terutama pekerjaan yang memerlukan tingkat ketelitian dan keakuratan serta daya konsentrasi yang tinggi dalam penyelesaiannya, misalnya pekerjaan pemeriksaan visual. Faktor pencahayaan yang dimaksud dalam penelitian kali ini adalah pencahayaan rendah (redup) atau pencahayaan dalam ruangan yang < standar pencahayaan normal, selain itu pencahayaan juga berpengaruh terhadap beban mental seseorang saat bekerja. Pada penelitian ini ingin diketahui apakah terdapat pengaruh tingkat pencahayaan terhadap jumlah soal tes ketelitian yang dikerjakan benar (nilai) dan beban mental yang diterima oleh tiap responden, dalam suatu pekerjaan yang membutuhkan tingkat rutinitas, ketelitian dan keakuratan. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, ekssperimen, pengerjaan soal tes ketelitian, kuisioner Nasa TLX dan wawancara. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen yaitu dengan memberikan tugas pemeriksaan yang berupa soal tes ketelitian kepada responden, sehingga diharapkan hasil penelitian yang diperoleh dapat diterapkan pada pekerjaan yang membutuhkan tingkat rutinitas, ketelitian dan keakuratan. Obyek pekerjaan ini adalah mencari banyaknya jumlah huruf / gambar dalam susunan huruf / gambar yang hampir sama dan mencari salah satu kalimat pernyataan yang berbeda diantara empat kalimat pernyataan yang hampir sama, Dalam waktu empat menit, dengan jumlah 10 soal untuk setiap percobaan. Waktu sepanjang empat menit ini dipilih agar seorang sampel tidak mengalami kelelahan mata yang berlebih pada tingkat pencahayaan rendah, yang dapat mengakibatkan kecacatan penglihatan. Perhitungan yang dihasilkan dari pengolahan data hasil pengerjaan tes ketelitian menyimpulkan bahwa terdapat hubungan yang berarti (significant), antara pencahayaan rendah(±200lux) dengan pencahayaan normal (±300lux) dan pencahayaan normal lebih baik dibandingkan pencahayaan rendah, hal ini terlihat dari nilai F hitung = 55.556 dan F tabel = 3.84, sehingga F hitung > F tabel (kedua sampel mempunyai rata-rata nilai yang berbeda). Untuk pengolahan data hasil pengukuran beban mental juga terdapat hubungan yang significant, antara pencahayaan rendah (±200lux) dengan pencahayaan normal (±300lux), hal ini terlihat dari nilai T hitung = 9.564 dan T tabel = 2.054, sehingga T hitung > Ttabel yang berarti setiap responden mempunyai perbedaan rata-rata skor Nasa Tlx pada pencahayaan rendah (±200lux) dengan pencahayaan normal (±300lux).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK D600/2011 - 13
Uncontrolled Keywords: Pencahayaan, Nasa Task Load Index, Uji t Berpasangan, Uji t student.
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 Dec 2011 10:21
Last Modified: 13 Jan 2012 09:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15886

Actions (login required)

View Item View Item