Analisis Elastis Plastis Pada Pipa Alumunium Siku Berdinding Tipis Dengan Tekanan Internal 70 Psi Dengan Software Berbasis Metode Elemen Hingga

YULIANTO, ROHMAT (2011) Analisis Elastis Plastis Pada Pipa Alumunium Siku Berdinding Tipis Dengan Tekanan Internal 70 Psi Dengan Software Berbasis Metode Elemen Hingga. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
data_cover_benar.pdf

Download (305kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I_no.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II_no.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III_no.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] PDF (Bab IV)
Copy__2__of_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_Vno.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (5kB)

Abstract

Tujuan yang ingin didapat dari simulasi ini yaitu mengetahui pengaruh besarnya tekanan internal terhadap kekuatan pipa siku berdinding tipis dan untuk mengetahui fenomena yang terjadi pada pipa saat mendapat tekanan internal sehingga didapatkan satu permodelan jaringan pipa yang menggunakan pipa siku berdinding tipis untuk optimasi hasil pemipaan yang baik Pada simulasi ini, model yang digunakan adalah pipa siku berdinding tipis dengan sudut 90o dengan ukuran diameter luar 19 mm, diameter dalam 18 mm, thicknes 1 mm dengan material Alumunium. Untuk menganalisa elastis plastis pipa siku dapat dilakukan suatu metode yaitu transformasi nodal. Hasil dari simulasi analisa elastis plastis pipa siku berdinding tipis dengan ABAQUS 6.5-1 di dapatkan nilai tagangan maksimal pipa siku yang mendapat tekanan internal 70 Psi adalah 5.420 X 107N/m2. Dari hasil visualisasi simulasi analisia pipa siku berdinding tipis dengan material Alumunium pada jaringan pipa pendingin udara dapat dilihat bahwa pipa yang paling banyak mendapat tekanan adalah pada bagian pipa siku pada sudut bagian dalam yang dapat dilihat pada warna legend pada visualisasi pipa siku dan dari simulasi ini juga dapat disimpulkan bahwa pipa masih mampu menahan tekanan internal yang mengenai dinding pipa sehingga dapat disimpulkan bahwa pipa aman untuk digunakan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK D200/2011 - 31
Uncontrolled Keywords: Pipa siku, Elastis Plastis, Tekanan internal, Pendingin Udara.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 07 Dec 2011 06:41
Last Modified: 13 Jan 2012 08:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15856

Actions (login required)

View Item View Item