Sifat Fisis Dan Mekanis Roda Gigi Reducer Sebelum Dan Sesudah Proses Heat Treatment

Wicaksono,, Agung Indra (2011) Sifat Fisis Dan Mekanis Roda Gigi Reducer Sebelum Dan Sesudah Proses Heat Treatment. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (98kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4._BAB_I.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] PDF (Bab III)
6._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
7._BAB_lV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (5kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)

Abstract

Untuk meningkatkan kualitas pada roda gigi reducer ini dilakukan proses heat treatment. Tujuan dari peneliltian pada roda gigi reducer dengan merk TKB, CEA, CCM adalah untuk mengetahui kualitas roda gigi reducer, mengetahui komposisi bahan, struktur mikro, kekerasan, sebelum dan sesudah heat treatment. Bahan yang dipakai pada penelitian ini berupa roda gigi reducer merk TKB, CEA, CCM. Pada spesimen dilakukan proses heat treatment berupa pemanasan pada suhu 950 ºC selama kurang lebih 1 jam, heat treatment ini berupa quenching, aging, annealing. Pengujian yang dilakukan antara lain uji komposisi kimia dengan standar ASTM E 415, struktur mikro dengan standar ASTM E 3, dan uji kekerasan Vickers dengan standar ASTM E 92. Dari uji komposisi kimia, roda gigi cacing silindris merk TKB, CEA, CCM, unsur paduan paling dominan adalah karbon (C), merk TKB: 4.4182%, CEA: 4.9736%, CCM: 3.7225%, untuk batang cacing dengan merk TKB, CEA, CCM, unsur paduan paling dominan mangan (Mn), merk TKB: 0.9640%, CEA: 0.9225%, CCM: 0.7100%. Untuk uji struktur mikro roda gigi cacing silindris merk TKB, CEA, CCM di temukan fasa grafit, ferit,sebelum dan sesudah proses heat treatment berupa quenching untuk aging dan annealing tambah fasa perlit, pada batang cacing merk TKB, CEA, CCM di dapat fasa ferit dan perlit sebelum dan sesudah proses heat treatment. Hanya untuk quenchig merk TKB muncul fasa martensit, Jadi tidak ada perubahan fasa pada roda gigi cacing silindris dan batang cacing. Pada uji kekerasan roda gigi cacing silindris dan batang cacing merk TKB, CEA, dan CCM mempunyai peningkatan kekerasan setelah proses heat treatment berupa quenching, sehingga proses ini cocok untuk meningkatkan kekerasan bahan tersebut. Sedangkan untuk proses aging dan annealing mengalami penurunan kekerasan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Roda gigi reducer, heat treatment, quenching, aging, annealing, komposisi kimia, uji struktur mikro, uji kekerasan.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 07 Dec 2011 05:36
Last Modified: 07 Dec 2011 05:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15850

Actions (login required)

View Item View Item