ANALISA KARAKTERISTIK LALU LINTAS DAN KINERJA SIMPANG EMPAT BERSINYAL (Studi kasus Simpang Empat Bersinyal Dawung Surakarta)

Burhani, Farhan (2007) ANALISA KARAKTERISTIK LALU LINTAS DAN KINERJA SIMPANG EMPAT BERSINYAL (Studi kasus Simpang Empat Bersinyal Dawung Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
D100000090.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Simpang Empat Dawung merupakan salah satu simpang bersinyal di Surakarta. Arus lalu lintas yang melalui simpang ini adalah arus menuju ke Solo Baru, Sukoharjo dan Surakarta, yang merupakan daerah komersial. Simpang Empat Dawung mempunyai potensi yang dapat menimbulkan kemacetan, karena banyaknya bus dan angkutan yang berhenti di dekat simpang untuk mencari penumpang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi karakteristik arus lalu lintas dan kinerja simpang pada saat ini. Jenis data yang digunakan untuk keperluan analisis adalah data primer meliputi data geometrik jalan, data kondisi lingkungan, data arus lalu lintas, dan data waktu sinyal yang pengambilannya dilakukan pada hari Senin 28 Mei 2007, Rabu 30 Mei 2007, Sabtu 02 Juni 2007, sedangkan data sekunder yang berupa data jumlah penduduk dari Badan Pusat Statistik. Data tersebut dianalisis untuk mencari kapasitas, derajat kejenuhan, panjang antrian, kendaraan terhenti dan tundaan yang terdapat pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa arus lalu lintas yang melewati simpang empat Dawung adalah padat. Jam puncak terjadi pada pagi hari sebesar 1729,5 smp/jam, pagi hari sebesar 1908,2 smp/jam dan pada siang hari sebesar 2562,1 smp/jam.Pengaturan sinyal di simpang empat Dawung diatur dalam 3 fase dengan siklus 69 detik. Kinerja simpang sudah tidak layak lagi, hal ini bisa dilihat dari: tidak tetapnya pengaturan sinyal, nilai kapasitas sebesar 626,05 smp/jam, derajat kejenuhan (pendekat Utara 1,52, pendekat Timur 0,20, pendekat Selatan 2,29 dan pendekat Barat 0,82), panjang antrian (QL) 333,33 m, kendaraan terhenti (NSV) 21706,04 smp/jam, dan tundaan 2381,12 m.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: karakteristik, kinerja, simpang bersinyal
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Maria Husnun Nisa
Date Deposited: 25 May 2009 08:26
Last Modified: 20 Nov 2019 03:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1584

Actions (login required)

View Item View Item