Studi Analisa perbandingan Plesteran Dinding Bata Menggunakan konvensional Dan Metode Shotcrete Terhadap Waktu Dan Biaya (Studi Kasus Pembangunan Hotel Lorin Bussinees & Spa Di Surakarta)

AZHAR, IRWAN (2011) Studi Analisa perbandingan Plesteran Dinding Bata Menggunakan konvensional Dan Metode Shotcrete Terhadap Waktu Dan Biaya (Studi Kasus Pembangunan Hotel Lorin Bussinees & Spa Di Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
02._Cover,_daft_isi,__Abstrak.pdf

Download (82kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
03._BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab 2)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] PDF (Bab 3)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (Bab 4)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] PDF (Bab 5)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (586kB)
[img] PDF (Bab 6)
08._BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran_-_Standard_Practice_for_Shotcrete.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tugas Akhir ini dilakukan penelitian studi perbandingan dari metode pekerjaan plesteran dinding bata dengan menggunakan shotcrete dan metode konvensional dilihat dari segi waktu dan biaya. Dimana tugas akhir ini bertujuan mencari efektivitas waktu yang lebih cepat, biaya yang murah, dan kualitas yang baik dari kedua metode tersebut, sebagai objek penelitian dan analisis, pada hotel lorin bussinees spa in the backyard di Surakarta. Studi perbandingan ini meliputi analisa waktu pekerjaan, menganalisa produktivitas tenaga kerja, dan kualitas plesteran kedua metode, analisa biaya dengan metode SNI yang menggunakan harga material, upah pekerja, dan sewa alat yang berlaku di Kabupaten Sukoharjo tahun 2010. Dengan volume pekerjaan dihitung dari gambar rencana pelaksanaan hotel lorin Surakarta. Sehingga diperoleh aspek-aspek yang menyebabkan perbedaan antara metode konvensional dan shotcrete. Hasil yang diperoleh dari studi perbandingan, dengan analisis waktu, dan biaya tersebut adalah sebagai berikut : 1. Waktu pelaksanaan diketahui bahwa pekerjaan dengan menggunakan metode shotcrete lebih cepat selama 2 minggu 5 hari, atau (19 hari) dari pelaksanaan dengan menggunakan metode konvensional. 2. Dari analisa perhitungan dapat diketahui bahwa pekerjaan dengan menggunakan metode shotcrete membutuhkan biaya lebih mahal dari pelaksanaan dengan menggunakan metode konvensional. Dengan selisih biaya pekerjaan sebesar Rp 8.277.512,32. 3. Kualitas dari pelaksanaan dengan metode shotcrete lebih baik, dari kualitas konvensional. 4. Aspek – aspek yang menyebabkan perbedaan antara lain : metode pelaksanaan pekerjaan yang berbeda, alat yang digunakan, teknologi yang berbeda dan pekerja atau tenaga ahli. Kata kunci : perbandingan, shotcrete, konvensional, waktu, biaya, produktivitas, kualitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: RAK D100/2011 - 23
Uncontrolled Keywords: perbandingan, shotcrete, konvensional, waktu, biaya, produktivitas, kualitas
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 06 Dec 2011 11:12
Last Modified: 13 Jan 2012 03:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15836

Actions (login required)

View Item View Item