Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Sistem Informasi Akuntansi pada Bank Perkreditan Rakyat Eks Karesidenan Surakarta

DEWI, DIAN APRILLIANI KUSUMA (2011) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Sistem Informasi Akuntansi pada Bank Perkreditan Rakyat Eks Karesidenan Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (518kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
03._BAB_I.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (BAB II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] PDF (BAB III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (BAB IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] PDF (BAB V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)

Abstract

Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Sistem Informasi Akuntansi Pada Bank Perkreditan Rakyat Eks Karesidenan Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris dengan menggunakan data primer, mengenai faktor- faktor yang mempengaruhi kinerja sistem informasi akuntansi pada Bank Perkreditan Rakyat Eks Karesidenan Surakarta. Sampel yang digunakan adalah karyawan BPR di wilayah Surakarta, Sukoharjo, sragen dan Karanganyar yang menggunakan sistem informasi akuntansi, dengan teknik conviniance sampling. Kuesioner yang kembali dan diolah sebanyak 38 kuesioner. Metode pengujian instrumen pada uji validitas menggunakan korelasi product moment pearson, sedangkan reliabilitasnya diuji dengan cronbach alpha. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah regresi linier berganda yang mencakup Uji t, Uji F dan Uji R2. Semua data yang diperoleh, diolah dengan program SPSS for windows versi 17.0 yang terlebih dahulu diuji dengan menggunakan uji asumsi klasik yaitu Uji normalitas, uji multikolinieritas dan uji heterokedastisitas. Dalam uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa seluruh item pertanyaan dalam kuesioner untuk variabel independen dan dependen adalah valid dan reliabel. Adapun uji asumsi klasik menunjukkan bahwa data berdistribusi normal, sedangkan hasil uji asumsi klasik yang lain menunjukkan bahwa untuk seluruh variabel terbebas dari multikolinearitas dan heteroskedastisitas. Model regresi yang dihasilkan baik dan tidak bias. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel kterlibatan pemakai, kemampuan teknik personal dan program pelatihan dan pendidikan pemakai tidak berpengaruh terhadapkinerja sistem informasi akuntansi, sedangkan untuk variabel dukungan manajemen puncak berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja sistem informasi akuntansi. Dimana nilai signifikan t untuk variabel keterlibatan pemakai sebesar 0,449 (p>0,05) dengan t hitung sebesar 0,767, variabel kemampuan teknik personal sebesar - 0,105 (p>0,05) dengan t hitung sebesar 1,669, variabel program pelatihan dan pendidikan pemakai sebesar 0,128 (p>0,05) dengan t hitung sebesar 1,560, dan variabel dukungan manajemen puncak sebesar 0,000 (p<0,05) dengan t hitung sebesar 4,228.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK B200/2011 - 48
Uncontrolled Keywords: keterlibatan pemakai dalam proses pengembangan sistem, kemampuan teknik personal, dukungan manajemen puncak, program pelatihan dan pendidikan pemakai, dan kinerja sistem informasi akuntansi.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 5 not found.
Date Deposited: 06 Dec 2011 03:29
Last Modified: 12 Jan 2012 08:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15792

Actions (login required)

View Item View Item