Pengaruh partisipasi penyusunan anggaran terhadap kinerja aparat pemerintah daerah: budaya oranisasi dan komitmen organisasi sebagai variabel moderating (Survei pada BAPPEDA dan DPPKD Kabupaten Karanganyar)

ASTUTI, NIA TRI (2011) Pengaruh partisipasi penyusunan anggaran terhadap kinerja aparat pemerintah daerah: budaya oranisasi dan komitmen organisasi sebagai variabel moderating (Survei pada BAPPEDA dan DPPKD Kabupaten Karanganyar). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (564kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
03._BAB_I.pdf

Download (130kB)
[img] PDF (Bab 2)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] PDF (Bab 3)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] PDF (Bab 4)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] PDF (Bab 5)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (60kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Peningkatan partisipasi dalam penyusunan anggaran dan budaya organisasi dimasudkan untuk meningkatkan kinerja aparat pemerintah daerah. Didukung dengan komitmen organisasi, maka anggaran yang disusun dapat tercapai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi dan komitmen organisasi terhadap hubungan antara partisipasi penyusunan anggaran dengan kinerja aparat pemerintah daerah Kabupaten Karanganyar. Penelitian ini metode survei dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari kuestioner. Populasi dalam penelitian ini adalah Pemerintah Daerah Kabupaten Karanganyar. Sampel yang diambil adalah Pejabat Setingkat Kepala Dinas, Kepala Bagian/Bidang/Subdinas dan Kepala Subbagian/subbidang/seksi yang ada di BAPPEDA dan DPPKAD sesuai dengan surat ijin penelitian dari Badan KESBANGPOLINMAS. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 35 responden yang diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan uji t untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Partisipasi penyusunan anggaran berpengaruh terhadap kinerja aparat pemerintah daerah dan H1 terdukung secara statistik pengujian pada taraf signifikansi 0,000 (p<0,05) (2) Interaksi antara partisipasi penyusunan anggaran dengan budaya organisasi tidak berpengaruh terhadap kinerja aparat pemerintah daerah dan H2 tidak terdukung secara statistik pengujian pada taraf signifikansi 0,098 (p<0,05). Namun budaya organisasi memperkuat hubungan partisipasi penyusunan anggaran dengan kinerja aparat pemerintah daerah. Dengan partisipasi penyusunan anggaran yang didukung dengan budaya organisasi yang tepat maka kinerja aparat akan meningkat, meskipun tidak signifikan secara statistik. (3) Interaksi antara partisipasi penyusunan anggaran dengan komitmen organisasi berpengaruh terhadap kinerja aparat pemerintah daerah.dan H3 tidak terdukung secara statistik pengujian pada taraf signifikansi 0,048 (p<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa komitmen organisasi berperan sebagai variabel moderating yang berpengaruh terhadap hubungan partisipasi penyusunan anggaran dengan kinerja aparat pemerintah daerah. Kata kunci: partisipasi penyusunan anggaran, kinerja aparat pemerintah daerah, budaya organisasi, komitmen organisasi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: partisipasi penyusunan anggaran, kinerja aparat pemerintah daerah, budaya organisasi, komitmen organisasi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 05 Dec 2011 09:52
Last Modified: 25 Apr 2012 05:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15775

Actions (login required)

View Item View Item